Analisa Quality of Service (QoS) Multi Protocol Label Switching (MPLS) Dengan Berbagai Jnis Routing

Reymon Rio Hanson Sibuea

Informasi Dasar

111020168
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Quality of Service (QoS) merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu sistem komunikasi. Banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mendapat nilai kualitas yang baik pada jaringan. Pengadaan bandwith yang besar merupakan salah satu alternatif, namun hal ini menjadi tidak efektif karena trafik yang dilewatkan tidak secara terus menerus memiliki nilai trafik yang besar. Untuk meningkatkan kinerja jaringan yang dapat dilakukan antara lain differential service, resource reservation protocol (RSVP), multi protocol label switching (MPLS), dan penggunaan manajemen routing.
Multi-Protocol Label Switching (MPLS) adalah suatu metode forwarding data melalui suatu jaringan dengan menggunakan informasi dalam label yang dilekatkan pada paket IP. Dengan jenis routing yang diterapkan pada jaringan MPLS, diharapkan mampu untuk memberikan peningkatan nilai QoS pada jaringan tersebut.
Pada Tugas Akhir ini, dibandingkan modul ruting yang ada pada jaringan melalui simulasi jaringan MPLS. Routing yang dibandingkan adalah OSPF (Open Shortest Path First), RIP (Routing Information Protocol), DVMRP (Distance Vector Multicast Routing Protocol), dan PIM-SM (Protocol Independent Multicast – Sparse Mode). Diharapkan dari kegiatan ini dapat dihasilkan suatu modul peroutingan yang paling efisien untuk diaplikasikan pada jaringan MPLS tersebut.
Hasil analisa dari simulasi yang dilakukan didapatkan bahwa dengan menerapkan routing pada jaringan MPLS routing DVMRP memberikan nilai performansi yang terbaik pada delay, paket loss dan throughput, sedangakan yang terburuk terjadi pada routing PIM-SM. OSPF dan RIP menghasilkan nilai performansi yang lebih baik dari PIM-SM, namun sedikit lebih rendah dibanding DVMRP.
Kata Kunci : MPLS, quality of service, integrated service, differentiated services,ABSTRACT: Quality of Service (QoS) represents important matter which must be paid attention in a communications system. To many consideration which need to be paid attention in getting good quality value at network. Levying of big bandwidth represent one of alternative, but this effective matter becoming not because overcome traffic do not continually have big traffic value. To increase network performance able to be conducted by Differential Service, Resource Reservation Protocol (RSVP), Multi Protocol Label Switching (MPLS), and usage of management of routing.
Multi Protocol Label Switching (MPLS) is a method of data forwarding passes a network by using information in attached label at package of IP. With type of routing applied at MPLS network, expected can to give the make-up of value of QoS at network.
In this final task, compared to module of routing exist in network pass network simulation of MPLS. Routing the compared is OSPF (Open Shortest Path First), RIP (Routing Information Protocol), DVMRP (Distance Vector Routing Protocol multicast), and PIM-SM (Protocol Independent Multicast - Sparse Mode). Expected from this activity can be yielded a module of routing most efficient for application at MPLS network.
Result of analysis of simulation which is to be got that by applying routing at MPLS network, DVMRP routing assign value best performance at delay, package loss and throughput, while ugly happened at PIM-SM routing. OSPF and of RIP yield value of performance better of PIM-SM, but a few compared to lower of DVMRP.
Keyword: MPLS, quality of service, integrated service, differentiated services,

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisa Quality of Service (QoS) Multi Protocol Label Switching (MPLS) Dengan Berbagai Jnis Routing
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Reymon Rio Hanson Sibuea
Perorangan
Makfi, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini