SIMULASI PERENCANAAN INFRASTRUKTUR LAN ITTELKOM BERBASIS PLC

GALAXY

Informasi Dasar

111020272
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penggelaran infrastruktur jaringan LAN cukup rumit, yaitu harus memasang kabel melalui langit-langit dan melubangi dinding. Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknologi LAN lain yang mudah dalam pengimplementasiannya. PLC merupakan salah satu cara menyelesaikan masalah tersebut, karena jaringan ini sudah tergelar bersama infrastruktur sistem tenaga listrik, dan sudah menjangkau sampai tiap ruang atau bangunan sehingga tidak diperlukannya penggelaran kabel baru. Teknologi PLC ini sangat cocok diimplementasikan di gedung-gedung bertingkat karena dapat menjangkau lantai diatasnya, yaitu selama ada kabel listrik yang menghubungkan antara satu lantai dengan lantai lain.
ITTELKOM merupakan institusi pendidikan yang memiliki gedung-gedung yang cukup banyak. Saat ini teknologi LAN yang sudah diterapkan di ITTELKOM yaitu berupa jaringan Wireless LAN dan LAN berbasis kabel UTP. Namun ada beberapa kekurangan pada kedua jenis teknologi tersebut, yaitu sinyal pada Wireless LAN tidak dapat menembus dinding bangunan di sebelah atau diatas atau dibawahnya yang berbahan beton, sedangkan LAN kabel UTP untuk jarak yang jauh membutuhkan kabel yang cukup panjang, pemasangannya cukup rumit sehingga menambah ongkos investasi yang cukup besar. Oleh karena itu pada tugas akhir ini dilakukan simulasi perancangan jaringan infrastruktur LAN ITTELKOM yang berbasis PLC, sebagai alternatif lain yang mudah tanpa menggelar kabel baru sebagai penopang jaringan LAN.
Dari hasil simulasi dan perancangan dapat diketahui kualitas dari hasil perancangan, yaitu mengenai garansi Qos. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa throughput yang didapat dari simulasi memenuhi kebutuhan User ITTELKOM (60 Mbps) yaitu sebesar 97 Mbps. Delay terbesar yang didapat dari simulasi sebesar 11,881 ms (Standard ITU-T 0-150 ms), packet loss 2,218% (standard packetloss requirement maksimal 5%). Dengan kata lain hasil perancangan layak untuk diimplementasikan di ITTELKOM.Kata Kunci : PLC, LAN, kabel listrikABSTRACT: Realization of LAN network infrastruktur is uneasy, because we need to install the wire through the ceiling and drill the wall. Because of that we needs another LAN technology that easy to installed. PLC is another way to solve this problem, because it just using existing electrical wire, and had cover each room or building so we do not need to build new wire. This technology is very suitable to be impelemented in building that have a lot of floor because it can reach to another floor as long as there is still wire conected each floor.
ITTELKOM had a lot of building. Nowadays the technology that have been implemented were Wireless LAN and UTP LAN. But there are still lack with both technology, that are the signal of Wireless LAN cannot penetrate to the wall, and UTP LAN need more wire for a long distance so affect bigger investation cost. That’s why in this Final Task will be discuss about the designing of LAN PLC network for ITTELKOM, as another easier alternative without need new wire.
The result of simulation and designing can be take as Qos parameter. From the simulation there is throughput which can give ITTELKOM user need(60Mbps) that is 97 Mbps. The biggest delay is 11,881 ms (Standard ITU-T 0-150 ms), packetloss 2,218% (standard packetloss requirement maksimal 5%). Thus the designing result is deserve to be implemneted in ITTELKOM.Keyword: PLC, LAN, electric wire

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

SIMULASI PERENCANAAN INFRASTRUKTUR LAN ITTELKOM BERBASIS PLC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GALAXY
Perorangan
Basuki Rahmat, R. Rumani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini