ANALISA PERFORMANSI SISTEM WCDMA PADA DATA RATE YANG BERVARIASI

YUANITA SANDRA WIJAYA

Informasi Dasar

111030113
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem komunikasi seluler saat ini telah memasuki generasi ketiga yang dikenal dengan 3G. Sistem ini menggunakan standar komunikasi wireless Wideband Code Division Multiple Access (W-CDMA). W-CDMA adalah teknologi direct spread yang berarti sistem ini akan menyebarkan transmisinya melalui bandwidth sebesar 5MHz. Teknologi ini digunakan dalam 3G-UMTS dengan kecepatan data mencapai 2MBps sehingga dapat melayani pengiriman voice, data, dan video untuk layanan mobile internet.
Untuk memenuhi layanan data kecepatan tinggi secara realtime dengan performansi yang baik dan mampu bekerja pada kanal multipath fading pada WCDMA, digunakan pembangkitan data rate dengan Orthogonal Variable Spreading Factor (OVSF), yaitu dengan menggunakan algoritma Walshcode. Ini digunakan untuk mentransmisikan data pada kecepatan yang berbeda – beda.
Pada tugas akhir ini akan menganalisa dan membandingkan performansi QoS sistem W-CDMA pada setiap rate tertentu. Parameter QoS yang digunakan adalah BER dan throughput.
Output yang diharapkan adalah data kinerja masing-masing sistem yang ditunjukkan dalam grafik parameter QoS vs Eb/No pada beberapa data rate, yaitu R=9,6 kbps, R=19,2 kbps, R=38,4 kbps, R=76,8 kbps, dan R=153,6 kbps. Ditunjukkan pula grafik Qos terhadap Eb/No pada user dengan keadaan yang berbeda, yaitu pada saat user diam (v=0 km/jam) dan bergerak (v=0, 5, 10, 90 km/jam).Kata Kunci : WCDMA, QoS, data rate, direct spread.ABSTRACT: Cellular communication system has get in to third generation by this time, which is knew as 3G. It uses Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA), a wireless communication standard. WCDMA is a direct spread technology, which means this system will spread its transmission by a large bandwidth, 5 MHz. This technology is used in 3G-UMTS within data rate up to 2Mbps. It may serves the tansmission of voice, data, and video for internet mobile service.
Orthogonal Variable Spreading Factor (OVSF) is used to generate the data rate based on the Walshcode algorithm. It is used to transmit the variable rate of the data. It provide a real time high speed data service in good performance and able to work in multipath fading channel in WCDMA.
In this final project, it will be analyzed and compared the QoS performance of WCDMA system in several data rates. The parameters of Qos used are BER and throughput.
The expectation output is the performance of each service, that will be showed in the graph of QoS parameters to Eb/No for each data rate. They are R=9,6 kbps, R=19,2 kbps, R=38,4 kbps, R=76,8 kbps, and R=153,6 kbps. It also will shows the graph for user in certain condition within v=0, 5, 10, and 90 km/hour.Keyword: WCDMA, QoS, data rate, direct spread

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA PERFORMANSI SISTEM WCDMA PADA DATA RATE YANG BERVARIASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUANITA SANDRA WIJAYA
Perorangan
Hafidudin, Arif Rudiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini