PERANCANGAN DAN REALISASI INFORMASI TIMING DAN PAGING PADA SINYAL LORAN-C BERBASIS FPGA

EKAS TUTI SEKAR M.

Informasi Dasar

111040083
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: LORAN (LOng RAnge Navigation) merupakan teknologi navigasi terestrial yang memanfaatkan gelombang radio untuk menentukan posisi suatu objek di atas permukaan bumi. Loran menggunakan prinsip propagasi groundwave untuk perambatan gelombang navigasinya. Sinyal Loran bekerja pada cakupan frekuensi 90 sampai 110 KHz.Sistem Loran-C terdiri dari satu stasiun master dan sedikitnya dua stasiun sekunder yang ditempatkan terpisah beberapa ratus miles dan diorganisasi dalam chain. Dimana Sinyal master berisi informasi navigasi, timing dan paging, sedangkan sinyal sekunder hanya berisi informasi posisi saja. Proses pendeteksian sinyal – sinyal Loran terjadi pada pesawat penerima. Output dari proses deteksi berupa informasi navigasi, timing dan paging yang ditampilkan pada pesawat penerima.
Pada tugas akhir ini akan merancang dan menganalisa pengiriman dan penerimaan informasi timing dan paging pada sinyal Loran-C menggunakan FPGA. Timing merupakan penyebaran informasi waktu yang dikodekan dalam bentuk pulsa yang disebarkan oleh stasiun master. Paging merupakan penyebaran informasi teks singkat yang dikodekan dalam bentuk pulsa yang disebarkan oleh stasiun master. Dengan adanya layanan timing dan paging, pesawat penerima akan mendapatkan informasi waktu yang akurat dan informasi teks.
Kata Kunci : Loran-C, Navigasi, Timing, Paging, FPGAABSTRACT: LORAN (LOng RAnge Navigation) is technology of terrestrial navigation that uses groundwave to decide an object position on the earth surface. LORAN applies the principal of groundwave propagation for its dispersion. Loran signal works on 90 to 110 KHz frequencies.
LORAN system consists of a master station and at least two secondary stations that placed hundred miles separately and organized on chain. The master signal consists of navigation information, timing and paging, while secondary signal consists of position information only. The LORAN signals detection process happen at the receiver. The outputs of detection process are information of navigation; timing and paging that are displayed on the receiver.
This final project would design and analyze the transmittance and acceptance of timing and paging information of LORAN signal using FPGA. Timing is the diffusion of time information, coded into pulse which is distributed through the master station. Paging is the diffusion of brief text information, coded onto pulse which is distributed through the master station. Through the existence of timing and paging services, receiver will get accurate information of time and text.
Keyword: LORAN, Navigation, Timing, Paging, FPGA

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI INFORMASI TIMING DAN PAGING PADA SINYAL LORAN-C BERBASIS FPGA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKAS TUTI SEKAR M.
Perorangan
Heroe Wijanto, Agus Virgono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini