Analisis Performansi AToM (Any Transport over MPLS) pada Jaringan Backbone

Bondan Maulana Wicaksono

Informasi Dasar

111040111
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan data saat ini mempunyai peranan penting dalam menjalankan roda perekonomian suatu negara karena sebagian besar perusahaan menggunakan jaringan data untuk mengirimkan semua rekapitulasi dari kantor-kantor cabang ke kantor pusat. Salah satu teknologi untuk mempercepat proses pengiriman data adalah MPLS (Multi Protocol Label Switched), dan saat ini para penyedia layanan berlomba menggelar MPLS-VPN (MPLSVirtual Private Network) yang dapat mengakomodasi keinginan para pelanggan memiliki jaringan pribadi untuk menghubungkan kantor-kantor cabang dengan inti MPLS di dalamnya.
Dalam praktiknya, Frame Relay (FR) yang bekerja pada layer 2 dan merupakan cikal bakal dari MPLS tetap digunakan. Karena terdapat perbedaan layer yang digunakan, maka saat ini para penyedia layanan membedakan jaringan untuk layanan Frame Relay dan MPLS. Oleh karena itu, saat ini telah diciptakan metode terbaru dari MPLS yang mampu melewatkan FR pada jaringan MPLS yaitu AToM (Any Transport over MPLS). Teknologi ini merupakan winwin solution bagi penyedia layanan dan pelanggan jaringan data karena dengan adanya teknologi ini penyedia layanan tidak perlu menyediakan 2 jaringan berbeda untuk mengakomodasi kebutuhan Frame Relay dan MPLS, dan bagi pelanggan tidak perlu menyewa 2 jaringan data yang berbeda.
Dalam tugas akhir ini dilakukan pengimplementasian teknologi AToM dalam jaringan kecil dengan menggunakan beberapa PC Router. Adapun hasil dari pengimplementasian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang teknologi AToM itu sendiri.
Dari hasil pengimplementasian yang dilakukan di laboratorium didapat hasil bahwa penggunaan MPLS tidak selamanya menghasilkan QoS yang lebih baik. Ditinjau dari hasil pengukuran, throughput dan delay yang didapat dari jaringan AToM lebih baik dibandingkan dengan jaringan Frame Relay murni. Tetapi packet loss dan jitter yang didapat pada jaringan Frame Relay murni lebih baik dibandingkan dengan jaringan AToM.
Kata Kunci : MPLS, AToM, Frame RelayABSTRACT: Nowadays, data network has an important role for the economy of a country because most of company use data network for sending all of their recapitulation from branch office to the head office. One technology for accelerating the process of data sending is MPLS (Multi Protocol Label Switched). Moreover, the service provider today competes in providing a technology called MPLS-VPN (MPLS-Virtual Private Network) which can give a private network to communicate with all branch offices.
Practically, Frame Relay technology which works on layer -2 and was the pioneer of MPLS technology is still used by most of service provider. Because MPLS and Frame Relay layers are different, most of service providers separate their network. Based on this problem, new technology has been created that allows Frame Relay to use MPLS network to transport packets with tunneling method called AToM. This technology is a win-win solution for service provider and user because service provider does not have to provide separated network for Frame Relay and MPLS, and for user, they do not have to rent two different networks for two different services.
In this final task, AToM technology on local network using PC router is implemented. The result from this implementation is expected to be able to describe how the AToM technology works.
From the implementation in laboratory, the use of MPLS does not always make better QoS (Quality of Service). It is true, if we see from throughput and delay value, AToM is higher than pure Frame Relay. However, if we see from packet loss and jitter value, pure Frame Relay technology is better than AToM.
Keyword: MPLS, AToM, Frame Relay

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Performansi AToM (Any Transport over MPLS) pada Jaringan Backbone
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bondan Maulana Wicaksono
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini