APLIKASI 2D GABOR WAVELET DALAM PROSES IDENTIFIKASI TELAPAK TANGAN - APPLICATION OF 2D GABOR WAVELET IN PALMPRINT IDENTIFICATION

LUCIA IKA SUSANTI

Informasi Dasar

111041049
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Identifikasi telapak tangan (palmprint) merupakan salah satu proses yang digunakan untuk mengenali dan menentukan identitas seseorang. Teknologi identifikasi telapak tangan ini termasuk di dalam bidang biometrik yang menggunakan karakteristik alami yang dimiliki manusia. Biometrik terbentuk dari keunikan sifat fisik seseorang yang dapat diaplikasikan untuk identifikasi diri seseorang, seperti sidik jari, telapak tangan, iris, retina, pola wajah, dan karakteristik suara. Kelebihan dari data biometrik adalah kompleksitasnya yang tinggi. Maka dari itu, jika data biometrik digunakan sebagai input dari suatu sistem keamanan, kecil kemungkinan akan terjadi kesalahan atau pemalsuan.
Pada telapak tangan terdapat beberapa ciri yang unik (berbeda pada tiap individu), tidak akan berubah (stabil) kecuali mendapatkan kecelakaan yang serius (immutability) meskipun usia si empunya bertambah, dan menempel seumur hidup pada setiap individu (perennial nature), bahkan masih ada setelah individu tersebut meninggal dunia (selama jasadnya belum membusuk). Penggunaan telapak tangan menghasilakan kualitas ciri-ciri pengidentifikasian yang lebih bagus dibanding sidik jari, karena permukaannya yang lebih luas daripada jari tangan. Selain itu teknologi ini mudah digunakan dan tidak menyusahkan pemakainya, karena akuisisi datanya dilakukan menggunakan kamera digital.
Sistem identifikasi telapak tangan ini dilakukan dengan memperhatikan pola garis pada telapak tangan yang memanfaatkan filter 2D gabor wavelet dalam mengekstraksi ciri-ciri yang terkandung dalam telapak tangan tersebut dan Jaringan Syaraf Tiruan Self Organizing Map (SOM). Hasil (output) yang ingin ditampilkan adalah bagaimana suatu sistem dapat mengenali dan membandingkan pola telapak tangan serta dapat mengambil keputusan yang tepat pada setiap jenis pola telapak tangan tertentu yang menjadi masukan. Tingkat akurasi yang diperoleh pada Tugas Akhir ini adalah 78.75%.
Kata Kunci : Biometrik, Palmprint, Gabor, Wavelet, Self Organizing Map, SOMABSTRACT: Palmprint identification is a process to recognize and determine personal identification. Palmprint identification is one of biometric technology using the human’s natural characteristic. Biometic is formed from the uniqueness of human’s physical feature, which can be applied in personal identification. Basically, biometric is based on human’s natural characteristic such as fingerprint, palmprint, iris, retina, face, and voice characteristic. Biometric data has high complexity, and it becomes the advantage of it. So, the probability of error when using biometric data as a security system’s input will be less.
Palmprint has some unique features, immutable and perennial nature characteristic. Identification using palmprint has better identification features’ quality than fingerprints’, because of its larger size contains more features. Biometric with palmprint is also easy to use, because only need a CCD digital camera in data acquisition.
This system of palmprint identification is done by observing the principal line using 2D Gabor Wavelet filter in feature extraction and Artificial Neural Network - Self Organizing Map (SOM) in pattern recognition. The goal of this identification system is making a system that can recognize, compare the palmprint pattern, and make true decision for every input palmprint. The accurate rate of this system is about 78.75%.
Keyword: Biometric, Palmprint, Gabor, Wavelet, Self Organizing Map, SOM.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

APLIKASI 2D GABOR WAVELET DALAM PROSES IDENTIFIKASI TELAPAK TANGAN - APPLICATION OF 2D GABOR WAVELET IN PALMPRINT IDENTIFICATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUCIA IKA SUSANTI
Perorangan
Achmad Rizal, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini