PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP SLOT RECTANGULAR ARRAY UNTUK APLIKASI WIMAX PADA RANGE FREKUENSI 3,3 – 3,7 GHz

WAYAN BAYU ARISWARA

Informasi Dasar

111050096
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access (WIMAX) tidak hanya diterapkan sebagai backhaul untuk komunikasi jarak jauh, namun sudah mulai diterapkan hingga ke jaringan akess. Oleh karena itu diperlukan antena yang memiliki keunggulan terutama pada rancangan antenanya yang tipis, kecil, dan ringan untuk diaplikasikan pada perangkat Personal Wireless Communication System.
Pada Tugas Akhir yang berjudul Perancangan Dan Implementasi Antena Mikrostrip Slot Rectangular Array Untuk Aplikasi WIMAX Pada Range Frekuensi 3,3 – 3,7 GHz ini dirancang, disimulasi dan direalisasikan sebuah antena untuk mendukung teknologi Broadband Wireless Access khususnya aplikasi WIMAX. Teknik pencatuannya menggunakan prinsip Proximity Coupled. Metode perancangan pada tugas akhir ini adalah dengan perhitungan menggunakan persamaan untuk mencari dimensi antena. Hasil yang didapat dari perhitungan merupakan input untuk proses simulasi. Hasil terbaik dari beberapa modifikasi pada simulasi digunakan sebagai nilai pada pembuatan antena prototype.
Prototype antena ini mampu menghasilkan karakteristik antena yang bekerja pada frekuensi tengah 3,5 GHz dengan bandwidth yang lebar yaitu 400 MHz atau 11,43% untuk nilai VSWR dibawah 1,5. Dengan dirancang menggunakan susunan empat antena, diperoleh gain sebesar 7,899 dBi. Dengan menggunakan slot dan teknik proximity coupled ini, spesifikasi antena dapat terpenuhi terutama dalam menghasilkan bandwidth lebar yang mampu diterapkan pada aplikasi teknologi WIMAX.
Kata Kunci : Antena Slot Mikrostrip, Pencatuan Proximity Coupled, WIMAXABSTRACT: Nowadays Worldwide Interoperability for Microwave Access (WIMAX) technology not only used for Backhaul in wide wireless network, but also start to use in access network. That’s why it required an antenna which has a thin, small, light and simple construction as a device in Personal Wireless Communication System.
This final project, which is titled Design And Implementation Of Microstrip Slot Rectangular Array Antenna For WIMAX Application On Frequency Range 3,3 – 3,7 GHz, is discuss about design, simulate, and realization an antenna to support Broadband Wireless Access (BWA) especially WIMAX. This antenna is designed with Proximity Coupled as it feeding method. This final project begins with calculating the dimension of the antenna using function that define antenna dimension. The calculation results will be the input of simulation. The best results of some modification on antenna simulation will be use as dimension value on antenna fabrication.
This antenna prototype can get a good antenna characteristic which is work on resonant frequency 3,5 GHz with 400 MHz or 11,43% bandwidth frequency for VSWR value below 1,5. By using four array method and Proximity Coupled as it feeding method, this antenna prototype can achieve the specification especially to get a wide bandwidth characteristic which is can apply on WIMAX technology.
Keyword: Microstrip Slot Antenna, Proximity Coupled Feed, WIMAX

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP SLOT RECTANGULAR ARRAY UNTUK APLIKASI WIMAX PADA RANGE FREKUENSI 3,3 – 3,7 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAYAN BAYU ARISWARA
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini