SIMULASI PERBANDINGAN PERFORMANSI ALGORITMA BELLMAN-FORD DENGAN ALGORITMA A STAR PADA JARINGAN TCP/IP (Comparison of Performance Simulation of Bellman-Ford Algorithm With A Star Algorithm in TCP/IP Network)

Rezha Aditya

Informasi Dasar

111061058
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada saat ini jaringan telekomunikasi telah berkembang sangat pesat dan luas.Penyedia layanan jasa telekomunikasi juga berkembang semakin banyak,seiring dengan itu kualitas pelayanan terhadap konsumen juga diperlukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen.Oleh karena itu dibutuhkan suatu proses layanan transmisi data yang optimal dan efisien. Maka dari itu routing adalah salah satu faktor penting dalam suatu proses transmisi data, dimana dalam mengirimkan data diperlukan pemilihan jalur yang akan dilalui dan secara objektif dipilih lintasan terbaik.Untuk menentukan route yang terbaik maka diperlukan metode routing. Adapun metode algoritma routing yang terbaik dalam menentukan QoS adalah algoritma A(A star) dan Bellman-Ford yang berfungsi untuk menemukan jalur yang terbaik dalam suatu jaringan.

Pada saat ini jaringan telekomunikasi telah berkembang sangat pesat dan luas.Penyedia layanan jasa telekomunikasi juga berkembang semakin banyak,seiring dengan itu kualitas pelayanan terhadap konsumen juga diperlukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen.Oleh karena itu dibutuhkan suatu proses layanan transmisi data yang optimal dan efisien. Maka dari itu routing adalah salah satu faktor penting dalam suatu proses transmisi data, dimana dalam mengirimkan data diperlukan pemilihan jalur yang akan dilalui dan secara objektif dipilih lintasan terbaik.Untuk menentukan route yang terbaik maka diperlukan metode routing. Adapun metode algoritma routing yang terbaik dalam menentukan QoS adalah algoritma A
(A star) dan Bellman-Ford yang berfungsi untuk menemukan jalur yang terbaik dalam suatu jaringan.

Dari hasil simulasi baik link sambung maupun ada link yang terputus didapatkan bahwa nilai delay 57.8388 s/d 57.9362 ms dan 61.924 s/d 62.0641 ms, packet loss 0.11408 s/d 0.294206 % dan 0.176309 s/d 0.333094%, throughput 8.87253 s/d 8.85653 Kbps dan 8.15307 s/d 8.1867 Kbps yang paling optimal dimiliki oleh lintasan algoritma A(A Star), sedangkan untuk convergence time memberikan waktu sebesar 0.000554667 s untuk algoritma A(A star) sehingga lebih cepat daripada algoritma Bellman-Ford. Sehingga pada implementasi,penggunaan metode algoritma routing A(A Star) lebih disarankan daripada algoritma routing Bellman-Ford.

Kata Kunci : Routing,Algoritma Bellman-Ford,Algoritma A StarABSTRACT: Recently, telecommunication network has developed rapidly and fastly. A telecommunication service provider has been developing more, so that the qualities of service to the customers are needed to enhance the satisfaction of customers. Thus, it is needed an optimal and efficient data transmission process. Routing is the one of important factor data transmission process, which is in transmission of data is needed a route selection that will be through and objectively are chosen as the best route. To determine the best route was needed routing method. The best routing method to determine QoS is A
(A sta r) and Bellman-Ford algorithm that have function to find the best route in network

In this research, analysis to parameter of performance of QoS, delay, throughput, packet loss and convergence time through scenario to both of algorithms were done to change the bit rate in data packet and analyze using or without Background Traffic in period of observation in 20 s and topology has adapted with scenario. Thus, performance of both of algorithms can be found and analyzed.

The result of simulations disconnected or without disconnected link, the value of delay 57.8388 to 57.9362 ms and 61.924 to 62.0641 ms, packet loss 0.11408 to 0.294206 % and 0.176309 to 0.333094%, throughput 8.87253 to 8.85653 Kbps and 8.15307 to 8.1867 Kbps which has higgest performance in A Star algorithm, in other hand the value of convergence time 0.000554667 s for A Star algorithm more fast from Bellman-Ford algorithm. So, for implement, A*(A star) algorithm is more recommended than Bellman- Ford algorithm.
Keyword: Routing, Bellman-Ford Algorithm, A Star Algorithm

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

SIMULASI PERBANDINGAN PERFORMANSI ALGORITMA BELLMAN-FORD DENGAN ALGORITMA A STAR PADA JARINGAN TCP/IP (Comparison of Performance Simulation of Bellman-Ford Algorithm With A Star Algorithm in TCP/IP Network)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rezha Aditya
Perorangan
Rendy Munadi, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini