ANALISIS PERBANDINGAN QoS MPLS DAN RPR PADA JARINGAN TRANSPORT METRO ETHERNET

hosea s sitorus

Informasi Dasar

111068010
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: MetroEthernet merupakan suatu teknologi yang diterapkan dewasa ini dalam pemenuhan permintaan terhadap penyelenggaraan jaringan telekomunikasi untuk menyatukan sejumlah perusahaan/instansi yang terpisah secara geografis. Suatu jaringan dengan akses yang cepat dan handal merupakan suatu yang harus dipenuhi agar tidak mengecewakan pengguna jaringan. Dalam penyelenggaraan jaringan (MetroEthernet) banyak hal yang harus dipertimbangkan, khususnya dari segi teknologi yang digunakan seperti pada sisi transport. RPR (Resilient Packet Ring) dan MPLS (Multi Protocol Label Switching) merupakan suatu teknologi yang diharapkan mampu sebagai solusi.
Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan perancangan dua jaringan MetroEthernet dan disimulasikan dengan menggunakan sebuah network simulator (NS-2). Jaringan pertama menggunakan teknologi MPLS sebagai jaringan transport sedangkan jaringan yang kedua menggunakan teknologi RPR. Dalam hal ini adapun data yang dikirimkan adalah berupa VoIP dan generator trafik CBR (Skenario I) dan untuk skenario II ditambahkan background trafik FTP dengan transport agent TCP. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan Qos dari kedua jaringan yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi untuk penyelenggaraan jaringan pada daerah metro khususnya penentuan teknologi untuk jaringn transportnya.
Dari hasil simulasi dan analisis yang dilakukan diperoleh nilai delay tertinggi untuk jaringan MPLS adalah sebesar 26,648 ms sedangkan RPR nilai delay tertinggi adalah 48,318 ms. Untuk nilai Jitter besaran yang diperoleh pada MPLS adalah 3,498 ms sedangkan RPR nilainya adalah 9,076 ms. Nilai paketloss terbesar pada MPLS adalah 1% sedangkan pada RPR sebesar 47,124%. Untuk nilai throughput sendiri nilai tertinggi hasil simulasi pada MPLS mencapai 0,488Mbps sedangkan untuk RPR mencapai 0,455Mbps. Untuk beberapa parameter tertentu masih menunjukkan nilai yang baik karena masih sesuai standar. Akan tetapi pada RPR untuk paketloss dan jitter tidak sesuai lagi dengan standar.
Kata Kunci : MetroEthernet. MPLS, RPR dan Quality of Service (QoS)ABSTRACT: MetroEthernet is a technology that used nowdays to fulfill of demand for build telecommunication network to connect some enterprise/instansi where separated by geography. A network with fast access and good ability is a condition to fulfilled to get the customer used the network not disappointed. To provide network (metro ethernet) many things should be consider, specially from the technology will be used at transport network. RPR (Resilient Packet Ring) and MPLS (Multi Protocol Label switching) are the technology hopped can be a solution.
At this final task, designed two metro Ethernet network and simulated use a network simulator (NS-2). First network use MPLS technology in network transport and the other network use RPR technology. In this case the data which sent are VoIP and generator traffic CBR (scenario I) and at scenario II added background traffic FTP use transport agent TCP. The aim of the research is to compare the QoS both of the network where it can used as reference to provide network at metro area specially to determine the technology at transport network.
From the simulation and analisys, got highest delay value for MPLS network is 26.648 ms and RPR the highest delay value is 48.318 ms. For jitter, the value where got in MPLS is 3.498 ms and RPR the value is 9.076 ms. The highest value of Packetloss for MPLS is 1% and for RPR is 47.124%. For throughput value, the highest from simulation at MPLS reach 0.488Mbps and for RPR reach 0.455Mbps. For any parameter still show a good value because equal with the standard. But at RPR for packetloss and jitter not appropriate with the standard.
Keyword: MetroEthernet, MPLS, RPR, and Quality of Service

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN QoS MPLS DAN RPR PADA JARINGAN TRANSPORT METRO ETHERNET
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

hosea s sitorus
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, R. Rumani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini