Perancangan dan Implementasi Antena Mikrostrip Slot U-Shape untuk Triple Band(1800 Mhz, 2700Mhz dan 3500 Mhz)

Samuel P. Simanjuntak

Informasi Dasar

111070020
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi komunikasi di masa depan diharapkan dapat mengintegrasikan komunikasi lebih dari satu sistem ke dalam satu ruang atau tempat yang terbatas. Dengan begitu, antena terminal komunikasi di masa depan tidak hanya diciptakan untuk alat yang ringan dan fungsi tunggal tetapi juga harus memenuhi syarat mampu beroperasi pada Tripleband atau multiband yang cukup untuk mencakup daerah band operasi yang dimungkinkan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu antena yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan komunikasi yang berbeda tersebut.

Antena mikrostrip merupakan antena yang memiliki bentuk kecil, ringan dan mudah dalam pabrikasi. Antena ini terdiri dari groundplane, substrat dan bentuk patch yang bermacam-macam. Salah satu bentuk patchnya adalah Shaped Rectangular Patch Antena. Antena mikrostrip persegi panjang memiliki dimensi yang sederhana (compact), mudah dimodifikasi dan bisa dikembangkan menjadi antena yang bersifat multi frekuensi.

Pada Tugas Akhir ini dilakukan perancangan dan pembuatan antena mikrostrip dengan patch berbentuk huruf U yang bisa diaplikasikan untuk tripleband frekuensi. Hasil yang hendak dicapai dalam tugas akhir ini adalah antena mikrostrip yang bekerja untuk operasi tripleband dengan frekuensi 1.8 Ghz ,2.7GHz yang bergeser menjadi 2.9GHz dan 3.5 GHz dengan VSWR ≤ 2 yang sesuai dengan spesifikasi antena. Kemudian untuk pola radiasi antena adalah direksional dengan penguatan yang diharapkan lebih besar dari 6 dBi.Kata Kunci : Triple-Band, Antena Mikrostrip , U-shapeABSTRACT: Communication technologies in the future are expected to integrate more than one system of communication into one space or confined area. That way, the antenna terminal of communication on the future is not just created for the lightweight tool and single function but also be qualified of operating at triple band or multiband that good enough to cover the possible band operation. Therefore, it’s needed an antenna that is able to meet the various needs of the different communication.

Microstrip antenna is an antenna that has a small, lightweight and easy to manufacture. The antenna consists of a groundplane, the substrate and many variety of patches. One form of the patch is Shaped Rectangular Patch Antenna. Rectangular microstrip antenna has a simple dimensional (compact), easy to modify and can be developed into a multi-frequency antenna.

This Final Task is conducted by scheme and realization of antenna microstrip of U-Shaped Patch which can be applicated can for the tripleband of frequency. The final goal of this final task is laboring antenna mikrostrip to operate for the multiband by frequency 1.8 Ghz ,2.7GHz that shifted to 2.9GHz and 3.5 GHz with VSWR ≤ 2 but effective according to specification of its antenna. Other specification for the antenna radiation pattern is desired unidirectional and gain of 6.29 dBi can be achieved.Keyword: triple-Band. Microstrip Antenna, U-shape

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Antena Mikrostrip Slot U-Shape untuk Triple Band(1800 Mhz, 2700Mhz dan 3500 Mhz)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Samuel P. Simanjuntak
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini