Simulasi dan Analisis Metode Laplacian Kernel Sebagai Image Sharpening Pada Citra Wajah Kabur Tak Seragam

Yanuardo Imaket Ekasaputra

Informasi Dasar

111070148
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam fotografi, kualitas citra yang dihasilkan bisa berupa citra yang tajam, tetapi bisa juga citra yang blur. Blur pada citra berdasarkan cakupan daerahnya dibagi menjadi dua, yaitu blur secara keseluruhan dan blur pada bagian tertentu saja. Citra yang blur dapat disebabkan karena pergerakan objek atau kurangnya pencahayaan pada saat pemotretan. Blur pada citra yang disebabkan karena pergerakan objek merupakan blur yang tidak seragam. Dalam tugas akhir ini dibuat program yang bisa mengurangi blur pada citra wajah kemudian menajamkan detail citra tersebut.

Sistem ini dirancang dengan bantuan perangkat lunak (software) Matlab 7.8.0. Proses yang dilakukan dalam perancangan program ini yaitu mengambil citra wajah yang blur dan citra wajah yang tajam dengan posisi dan ekspresi yang sama kemudian dilakukan preprocessing terhadap citra wajah yang blur, menghilangkan blur dengan metode blind deconvolution, dan menajamkan citra dengan laplacian kernel.

Keluaran dari sistem adalah citra wajah blur yang telah dihilangkan blurnya serta ditajamkan dan nilai peak signal to noise ratio (PSNR) antara citra hasil penajaman dengan citra tajam dan citra hasil penajaman dengan citra blur. Sistem yang telah dirancang mempunyai nilai PSNR rata-rata 73.24 dB untuk citra hasil penajaman dengan citra tajam dan 89.59 dB untuk citra hasil penajaman dengan citra blur.Kata Kunci : Citra Blur, Blind deconvolution, Laplacian Kernel, PSNRABSTRACT: In photography, the quality of an image that is got can be sharpen image and also blurred image. A blur on an image based on the region can be divided into two kinds, they are blur in the entire of an image and blur in the spesific area on an image. A blurred image can be caused by the moving object or lack of brightness. Blur that caused by the moving object is belong to a non uniform blur. In this final project, the writer build a program that can reduce the blur on an image and then sharpen the detail of the image.

This system is designed with Matlab software version 7.8.0. The process that is done in this program are take a blurred image on the human face and the sharpen one with the same position and expression and then do preprocessing to the image, reduce the blur with blind deconvolution, and sharpen the image using laplacian kernel.

The output of the system are blurred image that has been deblurred and sharpened and the value of peak signal to noise ratio (PSNR) between sharpen image with the image that has been sharpened and between blurred image with the image that has been sharpened. The system that has been built have the average PSNR value is 73.24 dB for sharpen image with the image that has been sharpened and 89.59 dB for blurred image with the image that has been sharpened.Keyword: Blurred image, Blind deconvolution, Laplacian kernel, PSNR

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Simulasi dan Analisis Metode Laplacian Kernel Sebagai Image Sharpening Pada Citra Wajah Kabur Tak Seragam
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yanuardo Imaket Ekasaputra
Perorangan
Rita Magdalena, Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini