Perencanaan Coverage Area Femtocell Di Gedung B IT Telkom

Diah Pangestu Maulita

Informasi Dasar

111071058
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini jika komunikasi data dilakukan di dalam ruangan maka kecepatannya akan menurun. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat digunakan untuk di dalam ruangan sehingga permasalahan ini dapat teratasi dan femtocell mencoba menjawab permasalahan ini. Pada perancangan femtocell, perhitungan power link budget mengambil peranan penting sehingga didapatkan hasil yang optimum dan efisien. Perhitungan link budget merupakan perhitungan loss dan gain pada sebuah sistem dengan parameter yang sesuai dengan sistem tersebut.

Simulasi dalam penelitian ini menggunakan software RPS (Radiowave Propagation Simulation) dengan model propagasi indoor yang digunakan adalah COST 231 Multiwall. Model propagasi COST 231 Multiwall sangat cocok digunakan dalam peyelesaian penelitian karena dalam model propagasi ini ikut memperhitungkan pengaruh dari loss dinding sehingga hasil perhitungan mendekati dengan keadaan nyata di lapangan. Dengan perhitungan link budget, didapatkan maksimal 4 buah femtocell yang dibutuhkan untuk mengcover gedung B di setiap lantainya.

Hasil keluaran dari software RPS berupa gambar dengan tiga parameter yang ditinjau yaitu kuat sinyal, perbandingan penyebaran sinyal terhadap interferensinya, dan delay yang terjadi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jika penempatan femtocell tersebar ke seluruh daerah cakupan, maka hampir seluruh area mendapatkan kuat sinyal yang baik yakni mendekati -70dBm namun pada kasus yang demikian menyebabkan adanya interferensi yang menyebar di seluruh area dengan nilai dari 40dB hingga 0dB serta tidak terjadi delay di semua lantai meskipun letak femtocell di ubah-ubah, ini disebabkan frekuensi yang dijadikan parameter dalam penelitian ini sebesar 2100MHz sehingga dapat mengcover area dengan baik tanpa adanya delay. Lalu ketika femtocell diletakkan saling berdekatan satu sama lain, maka hanya daerah yang dekat dengan femtocell saja yang menerima sinyal dengan baik mendekati -70dBm namun nilai SIR semakin turun hingga mencapai 0dB sehingga terjadi banyak interferensi.Kata Kunci : femtocell, link budget, COST 231 Multiwall, indoorABSTRACT: Now a days when datas communication been done indoors, the speed will decrease. Therefor, we need a system than can be used indoor to overcome the problems. And femtocell is the answer. In the making of femtocell calculation of power link budget take an important part, so that the result is optimum and efficient calculation of link budget is the calculation of loss and gain in a system with a parameters that fits the system.

The simulation in the research is using RPS (Radiowave Propagation Simulation) software with indoor propagation model. COST 231 Multiwall propagation model is fit to use in the inishing of the research because it count in the wall‟s loss so that the result of the calculation close to a real condition. With link budget calculation we get maximum four femtocells that needed to covered B building in every floor.

Using the calculation of link budget there are 9 FAP that needed to cover B building in IT Telkom. And from the simulation we get where FAP should be placed covering almost all the area with a good signal quality, that is approximately -70 dBm. But these things causing the variaty of SIR value, from 0dB to 40dB so there‟s a lot of interference happens. When FAP centralized only in one point, then only the areas near to FAP that received a good signal approximately -70dBm, but the value of SIR decreasing down until 0dB that causing a lot of interference.Keyword: femtocell, link budget, COST 231 multiwall, indoor

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Perencanaan Coverage Area Femtocell Di Gedung B IT Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Diah Pangestu Maulita
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Budi Prasetya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini