PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA SUSUNAN MIKROSTRIP LINGKARAN PADA FREKUENSI 2300-2400 MHz [ DESIGN AND REALIZATION OF CIRCULAR MICROSTRIP ARRAY ANTENNA FREQUENCY 2300-2400 MHz ]

Basrogogo Sumbayak

Informasi Dasar

111078022
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi di dunia modern semakin cepat dan beragam, sehingga banyak muncul standar teknologi yang baru dan semakin canggih. Antena sangat berperan dalam perkembangan telekomunikasi khususnya telekomunikasi dengan gelombang radio. Antena dalam hal ini sebagai device yang langsung berhubungan dengan media transmisi komunikasi sangatlah diperlukan kegunaannya.
Pada Tugas Akhir ini, dirancang dan direalisasikan antena susunan mikrostrip lingkaran pada frekuensi 2300 MHz – 2400 MHz untuk mendukung teknologi WiMAX, dengan menghitung dimensi antena secara teori dan kemudian menggunakan software Ansoft HFSS 9.2 sebagai alat simulasi sebelum melakukan pabrikasi. Pada simulasi, dilakukan pengulangan ukuran dimensi antena untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan spesifikasi rancangan antena, yaitu dengan mengubah ukuran stripline yang secara teori adalah transfo λ/4. Hasil simulasi yang diperoleh, diimplementasikan dengan menggunakan bahan, yaitu PCB dengan ketebalan substrat 1,6 mm.Gain yang ingin dicapai dalam Tugas Akhir ini adalah lebih dari 11 dBi. Kata kunci : Antena mikrostrip , lingkaran dan WiMAX .
Kata Kunci : Antenna, Wimax, SusunanABSTRACT: Development communication technology at this moment become faster and difference. Antenna most role in communication technology with microwave. In this case, antenna useful for transmitting the signal is more important.
In this final project, design and realization of circular mocrostrip array antenna frequency 2300-2400, with calculate based on theory and then use software Ansoft HFSS 9.2 for simulator device before pabrication. Result of simulation implemented with using PCB.
Keyword: Antenna, Wimax, Array

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA SUSUNAN MIKROSTRIP LINGKARAN PADA FREKUENSI 2300-2400 MHz [ DESIGN AND REALIZATION OF CIRCULAR MICROSTRIP ARRAY ANTENNA FREQUENCY 2300-2400 MHz ]
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Basrogogo Sumbayak
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini