REKONFIGURASI ANTENA BEAMFORMING SPIRAL PERSEGI DENGAN KOMBINASI SWITCH

PRAMUDHITA TITAH HASARY

Informasi Dasar

111098010
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam sistem komunikasi dan radar, konsep antena reconfigurable sangat cocok untuk diterapkan. Pada antena tersebut, semua fungsi antena yang diperlukan dapat dicapai melalui jumlah minimum antena untuk mengurangi biaya sistem dan mencapai kinerja yang baik. Antena yang telah dirancang dalam tugas akhir ini adalah jenis antena yang Radiation Pattern reconfigurable. Antena ini adalah beamforming, yaitu memiliki lebih dari satu pola radiasi yang berbeda.

Dalam Tugas Akhir ini, Antena yang dirancang adalah sebuah antena beamforming berupa mikrostrip yang berbentuk spiral persegi. Antena tersebut memiliki switch-switch yang dapat diatur kombinasi switch-nya. Posisi switch ON dan OFF dapat diatur dengan menyambung dan memutus lengan strip antenna, sehingga didapatkan pola radiasi yang berbeda-beda dalam satu antena dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz. Antena ini disimulasikan dalam Ansoft High Frequency Structure Simulator versi 10.

Proses simulasi dan realisasi tugas akhir ini menghasilkan antena yang mempunyai pola radiasi yang berbeda pada beberapa kondisi. Dari simulasisimulasi yang dilakukan, dipilih satu ukuran dimensi antenna yang direalisasikan. Antena yang dipilih yaitu antena dengan w sebesar 1,6 mm dan celah sebesar 2 mm. Antena tersebut mempunyai delapan buah switch. Dari hasil simulasi VSWR dan pola radiasi pada setiap kondisi switch, dipilih empat kondisi yang diukur dalam realisasi. Pada empat kondisi switch ini, dilakukan pengukuran dan hasilnya kemudian dibandingkan dengan hasil simulasi. Setelah dibandingkan, hasil pengukuran bisa disimpulkan hampir sama dengan hasil simulasi yang dilakukan.Kata Kunci : antena reconfigurable, beamforming, pola radiasi, spiral persegiABSTRACT: In radar and communication systems, the concept of reconfigurable antenna is very suitable to be applied. In this antenna, all of the required functions can be achieved through a minimum number of antennas in order to reduce the cost of systems and good performance. Antenna that has been designed in this final project is a kind of Radiation Pattern reconfigurable antenna.. This is beam forming antenna, which is has more than one difference radiation patterns.

In this final project, a rectangular spiral microstrip beamforming antenna is designed. It has switches that its combination can be set. ON and OFF switches position are set by connect and disconnect the strip arm antenna, so different radiation patterns are obtained in one antenna and it works at 2.4 GHz. This antenna is simulated in Ansoft High Frequency Structure Simulator version 10.

Simulation and realization process in this final project produce an antenna which has different radiation patterns in any kind of conditions. One of antenna is implemented, that its dimension size are chose from simulation that had been done. Antenna with 1.6 mm in width and 2 mm cleft is chose. This antenna has 8 switches. From VSWR and radiation pattern simulation results in every switch condition, four conditions are chose to be measured in realization process. These four conditions of switch are measured and the results are compared with the simulation results. From the comparison above we can conclude that the measured results are similar with the simulation results.Keyword: antenna reconfigurable, beamforming, radiation pattern, rectangular spiral

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

REKONFIGURASI ANTENA BEAMFORMING SPIRAL PERSEGI DENGAN KOMBINASI SWITCH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRAMUDHITA TITAH HASARY
Perorangan
Suprayogi, Bambang Setia Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini