REENGINEERING ANTENA SWITCH BEAM WEIXIA WFU MENGGUNAKAN MULTI CATUAN

Jeni Delianti Puspita

Informasi Dasar

111098084
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi komunikasi mobile secara wireless berkembang pesat saat ini karena sistem komunikasi ini dapat diimplementasikan secara cepat dan handal. Salah satu perangkat elektrik yang berperan penting dalam komunikasi wireless adalah antena yang memiliki massa ringan dan bentuk yang compact seperti antena mikrostrip. Selain spesifikasi teknik yang bagus, untuk komunikasi wireless juga dibutuhkan antena cerdas yang beamforming yaitu antena dengan pola radiasi menuju ke arah user yang diinginkan sehingga kapasitas system bisa meningkat.

Pada tugas akhir ini telah direalisasikan antena mikrostrip weixia wfu yang bekerja dengan multicatuan yang dipasang pada sisi antena dengan tujuan untuk mendapatkan beamwidth yang tajam dan terarah. Software yang digunakan untuk simulasi antena mikrostrip pada tugas akhir ini adalah High Frequency Structure Simulator (HFSS) 12.0.

Simulasi, perancangan, dan realisasi tugas akhir ini menghasilkan antena tunggal yang mempunyai arah pola radiasi yang berbeda yang didapatkan dari kombinasi jumlah dan letak pencatuan feedline. Antena tunggal ini memiliki 4 feedline dengan 2 kondisi pencatuan yang berbeda dan menghasilkan 4 “state” pola radiasi. VSWR nya bernilai ± 1.5 pada frekuensi 2.441 GHz, sedangkan polarisasi antena berdasarkan hasil pengukuran adalah mendekati ellips. Penelitian antenna switchbeam ini dianalisis dan dirangkum dalam tugas akhir ini.Kata Kunci : : antenna switch beam, multicatuan, mikrostripABSTRACT: Wireless Technology Mobile has a great progress for now on because this communication system can be implemented fast and reliable. One of electronic device which has important role in wireless community is antenna with light weight and compact design such as microstrip antenna. Furthermore, wireless community also needed Switch-Beam Smart Antenna which has radiation pattern to desired users so that capacity system in certain areas can be increased

In this final project has been realized microstrip antenna Weixia Wfu which multi feeding assembled in each patch to get sharp and directional Beam width. High Frequency Structure Simulator (HFSS) 12.0. is Simulation Software that used in this final project.

The simulation, design, and realization in this final project has been obtain Single antenna which has different state radiation pattern from amount and combination feedline in each patch. This single antenna has 4 feedline with 2 combination position of feedline and has 4 state radiation pattern. The value of VSWR of this antenna approximately 1.5 at 2.441 GHz, whereas the polarization has almost elliptical shape based on measurement. Research of switch beam antenna is analyzed and summarized in this final project.Keyword: antenna switch beam, multi feeding, microstrip

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

REENGINEERING ANTENA SWITCH BEAM WEIXIA WFU MENGGUNAKAN MULTI CATUAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jeni Delianti Puspita
Perorangan
Suprayogi, Bambang Sumajudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini