SIMULASI DAN ANALISIS BLIND WATERMARKING PADA OBJEK 3D BERBASIS TRIANGULAR MESH DENGAN METODE PRINCIPAL OBJECT AXIS

Ayyu Aghniaty

Informasi Dasar

111104234
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penyisipan informasi tertentu ke dalam suatu data lainnya merupakan hal yang penting untuk keamanan data digital terutama objek 3D. Salah satu upaya untuk keamanan data digital tersebut yaitu dengan metode watermarking. Watermarking adalah suatu cara untuk menyisipkan suatu informasi (watermark) pada suatu produk digital (audio, citra, video, dan teks). Proses watermarking bertujuan untuk memberikan perlindungan hak cipta, fingerprinting, otentikasi, dan validasi data. Pada tugas akhir ini, watermark yang digunakan berupa tipe data teks dan host berupa objek digital 3D. Jenis watermarking yang digunakan adalah blind watermarking. Proses blind watermark memiliki keunggulan, yaitu tidak dibutuhkan host objek digital 3D sebelum ter-watermark pada sisi ekstraksi.
Pada watermarking berbasiskan triangular mesh terdapat kumpulan vertex yang berada pada ruang 3D. Kemudian triangular face dibentuk oleh tiga titik vertex objek 3D. Pada Tugas Akhir ini, digunakan metode principal object axis yaitu salah satu metode watermarking berbasiskan kunci, radian dan neighborhood operator pada objek 3D. Penyisipan watermark dirancang menggunakan tiga tahap, yaitu preprocessing, transformasi watermark, dan penyisipan watermark. Selanjutnya, objek 3D yang telah melalui proses watermarking ini dideteksi dan diekstraksi kembali menjadi informasi semula.
Hasil yang diperoleh dari percobaan yang dilakukan adalah penggunaan metode Principal Object Axis dengan nilai SNR > 70 dB, MSE dan VER mendekati nilai nol pada proses penyisipan. Serta pada proses ekstraksi watermark tanpa serangan, BER bernilai nol. Pada pengujian sistem, objek 3D ter-watermark memiliki ketahanan terhadap beberapa serangan, seperti rotasi, translasi, dan rescaling. Tetapi pada serangan cropping, objek 3D terompet.obj mampu mengekstraksi informasi mencapai 50% cropping karena mengahasilkan watermark hasil ekstraksi dengan BER bernilai 0.Kata Kunci : watermarking, principal object axis, objek 3D, triangular meshABSTRACT: Insertion of specific information into another data is important to the security of digital data, especially 3D objects. One of efforts to the digital data security, namely the watermarking method. Watermarking is a method for inserting information (watermark) to a digital products (audio, image, video, and text). Watermarking process aims to provide copyright protection, fingerprinting, authentication, and data validation. In this final project, the watermark is used in the form of text data type and a host of 3D digital objects. Type of watermarking used is a blind watermarking. The process of blind watermarking has the advantage, which is not required before a host of 3D digital objects watermarked on the extraction side.
Triangular mesh watermarking based on a collection of vertices that are contained in the 3D space. Then the triangular face formed by the three-point vertex of 3D objects. In this final project, used principal object axis method is one of watermarking methods based on key, radians and neighborhood operators on 3D objects. Watermark is designed using three stages, namely preprocessing, transformation watermark, and watermark. Furthermore, 3D objects that have been through the process of watermarking is detected and extracted back into the original information.
Results obtained from experiments carried out is the use of the method of Principal Object Axis to the value of SNR > 70 dB, the MSE and VER nearly zero in the embedding process. The extraction process without attack, the BER is zero. In the test system, the watermarked 3D objects have resistance to several attacks, such as rotation, translation, and rescaling. But the cropping attack, terompet.obj 3D objects capable of extracting the information reaches 50% cropping because aimlessly watermark extraction results with BER is 0.Keyword: watermarking, principal object axis, 3D object, triangular mesh

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISIS BLIND WATERMARKING PADA OBJEK 3D BERBASIS TRIANGULAR MESH DENGAN METODE PRINCIPAL OBJECT AXIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ayyu Aghniaty
Perorangan
Suryo Adhi Wibowo, Nur Andini ..
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini