IMPLEMENTASI STEGANOGRAPHY PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODA ADAPTIVE LSB (LEAST SIGNIFICANT BITS) STEGANOGRAPHY IMPLEMENTATION ON DIGITAL IMAGE WITH ADAPTIVE LSB METHOD (LEAST SIGNIFICANT BITS)

DANNY A.S

Informasi Dasar

113000118
006.42
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Steganography adalah suatu seni dan ilmu (science) dalam menyembunyikan keberadaan informasi. Kata steganography sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yang artinya “covered writing”. Tidak seperti cryptography, yang hanya menyembunyikan arti atau isi dari sebuah pesan (message), steganography menyembunyikan keberadaan pesan (dengan menyisipkannya dengan pesan yang lain) tersebut sehingga tidak kasat mata.
Dalam dunia komputer yang didasarkan pada steganography, beberapa media digital yang dapat digunakan sebagai cover untuk menyembunyikan keberadaan sebuah informasi : foto, dokumen-dokumen, halaman web, dan bahkan file mp3 dengan tidak merusak pesan yang disisipkan.
Metoda steganography yang akan dibahas dalam tugas akhir ini didasarkan pada citra digital, resolusi 24-bit, dengan penyisipan pesan secara langsung pada intensitas pixel-pixel citra digital yang akan digunakan sebagai cover. Dimana metoda penyisipan pesan secara langsung pada cover-nya disebut sebagai metoda LSB encoding (least-significant bits encoding).
Ada dua tipe metoda penyisipan pesan dengan LSB, yaitu : fixed-sized dan variable-sized. Pada tugas besar ini akan digunakan metoda penyisipan pesan yang variable-sized, dimana jumlah LSB untuk setiap pixel yang akan digunakan sebagai media untuk penyisipan data bergantung pada karakteristik kekontrasan dan pencahayaan pada pixel tersebut terhadap pixel-pixel disekitarnya. Dan sebagai perbandingan metoda penyisipan dengan fixel-sized juga akan diberikan implementasinya.
Model steganographic yang dimaksudkan pada tugas akhir ini adalah model steganographic yang didasarkan pada penyisipan secara variable-sized LSB yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyisipan dengan hasil yang masih dapat ditoleransi (fidelity[LEE00]). Untuk mencapai tujuan yang diingikan tersebut, maka akan digunakan tiga metoda tambahan. Pertama, berdasarkan karakteristik dasar citra yaitu pencahayaan dan kekontrasan, maka evaluasi kapasitas akan disediakan untuk mengestimasi kapasitas penyisipan maksimum dari setiap pixel. Kedua, metoda minimum-error replacement (MER) diadopsi untuk mengganti nilai pixel yang telah disisipi pesan sedekat mungkin dengan nilai pixel aslinya. Dan yang ketiga, dengan menggunakan keterbatasan mata manusia maka digunakan metoda error-diffusion yang berguna untuk mengurangi efek-efek yang kesalahan pada citra (metoda ini diadopsi dari human visual system).
Hasil analisa menunjukkan bahwa dengan metoda yang dimaksudkan pada tugas akhir ini, mempunyai keefektifan seperti yang diinginkan. Dan terutama citra-citra yang baik sebagai masukan untuk metoda adaptive LSB ini adalah citra yang mempunyai kekontrasan dan pencahayaan yang cukup tinggi. Sedangkan pada citra-citra yang memiliki warna yang polos, metoda adaptive LSB akan sangat efektif pada penyisipan antara 10%-40% kapasitas total citra (kapasitas total citra = luas citra dikali tiga, tiga diperoleh dari jumlah channel pada citra 24-bit, yaitu : Red, Green, Blue).Kata Kunci : steganography, cover, pixel, cryptography, kapasitas, least-signigicant bits(LSB), LSB encoding, fixed-sized, variable-sized.ABSTRACT: Steganography is the art and science of hiding the existence of information. The term originated from Greek roots that literally mean “covered writing”. Unlike cryptography, which simply conceals the content or meaning of a message, steganography conceals the very existence of a message.
In computer-based steganography, several forms of digital media may be used as “cover” for hidden information. Photos, documents, web pages, and even MP3 music files may all serve as innocuous-looking hosts for secret message.
Steganographic method is proposed that is based on 24-bits resolution, steganographic based method embed message in the intensity of pixels of images directly.
There are two types of LSB insertion methods, fixed-sized and variable-sized. In this paper will be used variable-sized embedding method, where the number of LSBs in each pixel used for message embedding depends on the contrast and luminance characteristics. In this paper, we will be used fixed-sized and variable-sized embedding method.
Steganographic method that purposed in this paper is steganographic based on variable-sized method LSB insertion to maximize the embedding capacity while maintaining the image fidelity. Three components are provided to achieve the goal. First, according to contrast and luminance characteristics, the capacity evaluation is provided to estimate the maximum embedding capacity of each pixel. Then, the minimum-error replacement method is adapted to find a pixel value as close to the original one as possible. Finally, the error-diffusion method is adapted, which takes advantage of the peculiarities of human visual system, is used to eliminate the false contouring effect.
Experimental results show effectiveness and efficiency of the proposed model.Keyword: steganography, cover, pixel, cryptography, capacity, least-signigicant bits(LSB), fixed-sized, variable-sized.

Subjek

IMAGE PROCEESING
 

Katalog

IMPLEMENTASI STEGANOGRAPHY PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODA ADAPTIVE LSB (LEAST SIGNIFICANT BITS) STEGANOGRAPHY IMPLEMENTATION ON DIGITAL IMAGE WITH ADAPTIVE LSB METHOD (LEAST SIGNIFICANT BITS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANNY A.S
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2004

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini