ANALISIS DAN IMPLEMENTASI OPTIMAL BRAIN SURGEON (OBS) UNTUK KLASIFIKASI PADA DATA MINING OPTIMAL BRAIN SURGEON ( OBS ) ANALYSIS AND IMPLEMENTATION FOR DATA MINING CLASSIFICATION

Agny Ismaya

Informasi Dasar

113010098
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada tugas akhir ini akan dibahas analisis performansi jaringan syaraf tiruan sebelum dan sesudah dilakukan pruning dalam pemanfaatannya untuk klasifikasi pada data mining. Metode yang akan digunakan untuk menentukan link yang akan dipotong adalah Optimal Brain Surgeon ( OBS ).
Arsitektur JST yang digunakan pada tugas akhir ini adalah backpropagation (BP). Setelah dilakukan pemotongan link, dapat dibandingkan performansi JST sebelum dan sesudah di-pruning jika dilihat dari segi waktu pelatihan, waktu pemrosesan, jumlah link, jumlah node, dan akurasi.
Dari penelitian yang telah dilakukan, akurasi klasifikasi dengan JST setelah pruning dapat mengalami penurunan cukup besar, hingga mencapai 84,7222 %. Proses retraining yang dilakukan juga tidak menjamin akurasi JST akan meningkat, bahkan memungkinkan menurunkan akurasi.Kata Kunci : Klasifikasi, Jaringan Syaraf Tiruan ( JST ), Pruning, Optimal Brain Surgeon( OBS )ABSTRACT: In this final project, artificial neural network performance analysis will be studied before and after pruning execution for data mining classification. The method that will be used for decide the link cutting is Optimal Brain Surgeon (OBS).
ANN architecture that will be used in this final project is backpropagation ( BP ). After prune the link, we can compare the ANN performance before and after pruning execution, as it’s observed from the training time, processing time,the number of link , the number of node, and accuracy.
From the research has been done, the classification accuracy by pruned ANN can decline until 84.7222 %. The retraining was not guarantee the increasing of ANN accuracy, moreover it’s possible decline the accuracy.Keyword: Classification, Artificial Neural Network ( ANN ), Pruning, Optimal Brain Surgeon ( OBS )

Subjek

other
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI OPTIMAL BRAIN SURGEON (OBS) UNTUK KLASIFIKASI PADA DATA MINING OPTIMAL BRAIN SURGEON ( OBS ) ANALYSIS AND IMPLEMENTATION FOR DATA MINING CLASSIFICATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agny Ismaya
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini