KLASIFIKASI HALAMAN WEB DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY WEB PAGE CLASSIFICATION WITH ANT COLONY ALGORITHM

HANDISAPTO HARSIPRASETIO

Informasi Dasar

113010128
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Salah satu aplikasi pada data mining yang sudah menerapkan Algoritma Ant Colony adalah pada klasifikasi. Tujuan tugas akhir ini adalah mengimplementasikan suatu pembangunan aturan data mining klasifikasi di lingkungan web content mining, dalam hal ini klasifikasi halaman web dengan menggunakan Algoritma Ant Colony.
Pada proses klasifikasi ini ada dua langkah yang utama yaitu langkah pertama membangun model, mendeskripsikan kelas dari data yang telah ditentukan yang disebut dengan data training. Tetapi, sebelum memperoleh data training perlu dilakukan suatu langkah yang disebut pre-processing. Pada proses pre-processing ini data halaman web diolah untuk menghasilkan data training. Selanjutnya, pada langkah kedua model tersebut digunakan untuk mengklasifikasikan data yang biasa disebut data testing. Dari performansi hasil ditunjukkan bahwa Algoritma Ant Colony dapat diterapkan pada klasifikasi data halaman web yang diambil dari situs bbc.co.uk dan abc.com dengan akurasi rule yang dihasilkan kompetitif jika dibandingkan dengan See5. Dalam tugas akhir ini, akan ditunjukkan juga suatu teknik pemrosesan teks HTML untuk mengurangi jumlah atribut yang sangat besar berkaitan dengan web content mining.Kata Kunci : algoritma ant colony, data mining, klasifikasi, web content mining.ABSTRACT: One of applications in data mining that use and implement ant colony algorithm is classification technique. The purpose of this final project is to implement rule construction of data mining classification – in the field of web content mining, in this case web page classification done by implemented Ant Colony Algorithm.
The classification process consist of two main steps, the first step is to construct the model, describe data class which have been determined before called data training. However, before getting data training it need one step that called pre-processing. In this step web page data is processed to get data training.
The accuracy result show that ant colony algorithm can be implemented in web page classification by doing some experiment from bbc.co.uk and abc.com, where the result show rule accuracy competitive if compare with See5. In the second step, the model used for classify the data. This final project also show a technique based HTML text processing to reduce the large number of attribute in web content mining domain.Keyword: ant colony algorithm, data mining, classification, web content mining.

Subjek

other
 

Katalog

KLASIFIKASI HALAMAN WEB DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY WEB PAGE CLASSIFICATION WITH ANT COLONY ALGORITHM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANDISAPTO HARSIPRASETIO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini