SISTEM PENGENALAN KARAKTER BRAILLE DENGAN METODE DETERMINASI MESH OPTICAL RECOGNITION OF BRAILLE CHARACTER WITH MESH DETERMINATION

SAFRIADY

Informasi Dasar

113010144
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Braille adalah tulisan timbul yang digunakan oleh penyandang tuna-netra. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, pengolahan naskah braille masih banyak yang di lakukan secara manual, baik dari proses penerjemahan, pengubahan naskah sampai mencetak kembali ke kertas. Tentunya pekerjaan manual seperti itu membutuhkan waktu yang relatif lama dan melelahkan.
Pada tugas akhir ini dikembangkan suatu sistem yang dapat mengidentifikasi karakter braille yang ditulis pada naskah braille secara single-sided. Pengenalan ini dilakukan dengan akusisi citra pada naskah braille dengan bantuan alat pemindai (scanner) sehingga membentuk citra digital yang memilki format file Bitmap atau JPEG. Selanjutnya, sistem secara otomatis dapat menerjemahkan karakter braille yang ada ke dalam bentuk karakter ASCII yang dapat disimpan dalam format file text. Teknik pengenalan dilakukan dengan menggunakan algoritma sederhana pengolahan citra yaitu metode determinasi mesh.
Pembangunan sistem ini dilakukan dengan menggunakan Borland Delphi7. Dari hasil pengujian dengan akusisi menggunakan kertas berwarna kuning-biru diperoleh batas atas keakuratan sistem sebesar 100% dan 99.12% untuk batas bawah keakuratan sistem pengenalan karakter braille. Diharapkan dengan adanya sistem ini, semua pengolahan naskah braille akan menjadi lebih mudah.Kata Kunci : Braille, determinasi mesh, citra digital, single-sided, ASCII.ABSTRACT: Braille is a form of writing with a raised round mark which being used by blind people. Still, in this information technology development era, Braille script is processed manually, whether in the translation, editing, or printing stage. Certainly, it cost a lot of time and exhausting.
This final assignment will implement single-sided Braille script optical recognition technique using a simple image-processing algorithm, mesh determination method. The concept of this system is transforming a Braille script into a digital image form (Bitmap or JPEG file) by scanner, then translating the digital image into text file form (ASCII). Furthermore, the file will be kept in this form. Hopefully, Braille processing will be easier using this system.
This research built using Borland Delphi7. The experimen show that maximum accuracy of conversion system is 100% and 99.12% for minimum accuracy of conversion system. Hopefully, Braille processing will be easier using this system.Keyword: Braille, mesh determination, digital image, single-sided, ASCII.

Subjek

other
 

Katalog

SISTEM PENGENALAN KARAKTER BRAILLE DENGAN METODE DETERMINASI MESH OPTICAL RECOGNITION OF BRAILLE CHARACTER WITH MESH DETERMINATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAFRIADY
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini