PROTOTIPE APLIKASI MOBILE GIS UNTUK LOCATION SERVICE BERBASISKAN WEB SERVICES PROTOTYPE OF MOBILE GIS APPLICATION FOR LOCATION SERVICE BASED ON WEB SERVICES

DHANY WIKA SETYAWAN

Informasi Dasar

113010147
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pencarian lokasi merupakan hal yang sering dilakukan oleh orang seperti pencarian lokasi hotel, mall, restaurant dan lain sebagainya. Secara konvensional pencarian sebuah lokasi dapat dilakukan orang dengan melihat pada peta manual tetapi cara ini tidaklah efisien, praktis dan cepat. Atas dasar kebutuhan ini dibuat sebuah tool yang dapat membantu pencarian sebuah lokasi yang lebih praktis, efisien dan cepat dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
Didalam tugas akhir ini dibangun sebuah aplikasi mobile GIS untuk locationservice yaitu sebuah aplikasi GIS yang dibuat pada perangkat mobile seperti smartphone dan PDA untuk keperluan pencarian lokasi. Aplikasi yang dibangun menggunakan teknologi web service agar memudahkan didalam mengintegrasikan sebuah aplikasi lain kedalam aplikasi yang dibangun.
Aplikasi yang dibangun pada tugas akhir ini menggunakan teknologi dari .NET mobile application dan MapXtreme dan menggunakan Mindref Soap Scope untuk menganalisa interopabilitas dari web service yang dibangun.
Hasil yang didapat dari aplikasi yang dibangun ini adalah kemudahan didalam pencarian sebuah lokasi yang diinginkan karena aplikasi yang dibangun dapat diakses oleh perangkat mobile seperti smartphone dan PDA user dimanapun dan kapanpun. Selain itu penggunaan teknologi web service memudahkan didalam menambahkan sebuah layanan kedalam aplikasi.Kata Kunci : Mobile GIS, .NET Mobile Application, MapXtreme dan Web ServiceABSTRACT: Location seeking represent matter which often be done by people such as seeking of hotel location, mall, restaurant and others. Conventionally seeking a location earn done by people by seeing at manual map but way of is not efficient, practical and quickly. On the basis of this requirement is made a tool which can assist seeking a location more practical, efficient and quickly by exploiting existing technology.
In this final task developed a application of mobile GIS for location-service that is a application GIS made at peripheral mobile such as smartphone and PDA for location seeking. Application developed by use technology of web service in order to facilitate in integrating a other application into developed application.
Application developed at this final task use technology from . NET mobile application and Mapxtreme and use Mindref Soap Scope to analyse interopabilitas from developed web service.
Result from this application is amenity in seeking a location of the desired because this application can be accessed by peripheral mobile such as smartphone and PDA user anywhere and whenever. Others the technological use of web service facilitate in enhancing a service into application.Keyword: Mobile GIS, .NET Mobile Application, MapXtreme and Web Service

Subjek

other
 

Katalog

PROTOTIPE APLIKASI MOBILE GIS UNTUK LOCATION SERVICE BERBASISKAN WEB SERVICES PROTOTYPE OF MOBILE GIS APPLICATION FOR LOCATION SERVICE BASED ON WEB SERVICES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHANY WIKA SETYAWAN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini