ESTIMASI KANDUNGAN EMAS DAN PERAK DENGAN METODE ORDINARY KRIGING (Studi Kasus: PT Aneka Tambang) CONTENS OF GOLD AND SILVER ESTIMATION USING ORDINARY KRIGING METHOD (case study : PT Aneka Tambang)

I KETUT GEDE ADHY PRADNYANA

Informasi Dasar

113020237
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Salah satu aktivitas yang dilakukan dalam tahap eksplorasi adalah estimasi kandungan bahan tambang pada suatu blok. Pada tugas akhir ini dibahas tentang proses estimasi dengan cara menganalisis dan mengolah data titik penambangan yang sudah ada sebelumnya untuk mendapatkan kandungan bahan tambang di titik yang lain. Untuk mendapatkan hasil estimasi dilakukan pendekatan secara statistik menggunakan metode Ordinary Kriging
Metode estimasi kandungan titik yang sekarang ini masih digunakan adalah dengan melakukan analisis terhadap sampel kandungan tanah pada titik-titik yang ada di sekitar blok tambang. Hasilnya adalah berupa estimasi kadar kandungan bahan tambang yang ada di titik tersebut.
Ordinary Kriging merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengestimasi kandungan bahan tambang di suatu blok tambang yang telah ditentukan. Metode yang ditentukan oleh tiga faktor, yaitu faktor absis x, ordinat y, dan juga faktor arah ini nantinya akan menghasilkan informasi akurat tentang kandungan bijih emas dan perak di titik-titik yang belum dieksploitasi pada suatu blok tambang. Selain itu dihasilkan gambar kontur yang digunakan untuk mengetahui pola aliran tambang dari bijih emas dan perak. Tugas akhir ini digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak pertambangan dalam studi kelayakan terhadap rencana eksploitasi suatu titik tambang baru serta disain pabrik maupun biaya yang akan dianggarkan.Kata Kunci : Estimasi, Semivariogram, Ordinary Kriging.ABSTRACT: One activity performed within eksploration phase is obstetrical estimation of mineral at one particular block. This final task studied about estimation process by analysing and manufacturing data of preexist mining dot to get content of mineral in other dot. The estimation result is got by conduct the statistically approach using Ordinary Kriging method
Today, the estimation method is done by analysing land sample at dots from around mine block. The result is estimation about the content of mineral in that dots.
Ordinary Kriging is a method that is used to estimate mineral content at a particular mine block. Method determined by three factor, these are x absisca, y ordinate, and direction factor, later result accurate information about content of gold and silver in dots which not yet been exploited at one particular block mine. Other, it will be yield a contour picture to know stream pattern mine from ore of gold and silver. This final task serve the purpose of consideration for mining party in feasibility study plan to exploit a new mine dot and also the design factory or the expense to be budgeted.Keyword: Estimation, Semivariogram, Ordinary Kriging.

Subjek

other
 

Katalog

ESTIMASI KANDUNGAN EMAS DAN PERAK DENGAN METODE ORDINARY KRIGING (Studi Kasus: PT Aneka Tambang) CONTENS OF GOLD AND SILVER ESTIMATION USING ORDINARY KRIGING METHOD (case study : PT Aneka Tambang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I KETUT GEDE ADHY PRADNYANA
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini