ANALISIS DESAIN MODEL BASIS DATA RELASIONAL DITINJAU DARI ASPEK OPTIMISASI QUERY (RELATIONAL DATABASE MODEL DESIGN ANALYSIS BASED ON QUERY OPTIMIZATION)

Raudah Nasution

Informasi Dasar

113030044
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Langkah awal yang dilakukan dalam membuat suatu sistem adalah mendesain Basis Data. Dengan tujuan untuk menentukan data yang dibutuhkan dalam sistem sehingga informasi yang dihasilkan dapat terpenuhi dengan baik. Pada dasarnya dalam setiap DBMS (Database Management System), senantiasa ditemukan fungsi optimasi query. Bagian DBMS yang melakukan fungsi ini umumnya disebut sebagai query optimizer, dimana merupakan proses untuk memilih evaluation plan yang terbaik dari suatu query.
Upaya perancangan basis data dapat ditempuh dengan membuat sebuah model dari awal sampai dilakukan perbaikan untuk mendapatkan sebuah model data yang lebih mendekati pada keadaan yang sebenarnya. Dalam tugas akhir ini, di analisis beberapa model data yang berbeda, kemudian mengimplementasikannya kedalam perangkat lunak untuk menghasilkan cost query berupa nilai pengaksesan disk.
Dari hasil percobaan didapatkan kesimpulan bahwa dari sebuah studi kasus yang memiliki data dan tujuan yang sama dapat dimodelkan menjadi beberapa model data yang berbeda-beda. performansi dari suatu pemrosesan query dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah jumlah record, reduction factor, dan keberadaan index.
Kata Kunci : Basis Data, Database Management System, query optimizer,evaluation plan, cost query, reduction factorABSTRACT: First step to make a system is designing database, in purpose to determine data that is needed so information that is expected will be resulted. Basically, in each database management system is always found query optimization function. Part of DBMS that run this function generally called as query optimizer, which is a process to select the best evaluation plan from query.
Database designing could be reached by making a model from beginning until the correction is done to get data model that is approach the real condition. In this Final Project, is analyzed some various data models, then implement it in software to result cost query in form of disk access value.
The conclusion of this research is from case study that has similar data and purpose can be designed into several various data models. Performance of query processing is influenced by some factors that are total record, reduction factor and existence of index.
Keyword: Basis Data, Database Management System, query optimizer,evaluation plan, cost query, reduction factor

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

ANALISIS DESAIN MODEL BASIS DATA RELASIONAL DITINJAU DARI ASPEK OPTIMISASI QUERY (RELATIONAL DATABASE MODEL DESIGN ANALYSIS BASED ON QUERY OPTIMIZATION)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Raudah Nasution
Perorangan
Dhinta Darmantoro, Kiki Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini