PENILAIAN PERFORMANSI KERJA ACCOUNT MANAGER DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANAGEMENT BY OBJECTIVE DAN RANK INCLUSION IN CRITERIA HIERARCHIES

ARKI RIFAZKA

Informasi Dasar

113030150
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Management by Objectives (MBO) adalah metode penilaian kinerja karyawan yang berorientasi pada pencapaian sasaran kerja. Pada metode MBO, setiap individu karyawan memiliki sasaran kerjanya masing-masing, yang bersesuaian dengan sasaran kerja unitnya untuk satu periode kerja. Penilaian kinerja dalam metode MBO dilakukan di akhir periode mengacu pada realisasi sasaran kerja. Adapun Rank Inclusion in Criteria Hierarchies (RICH), berperan sebagai metode pada proses pembobotan atas Key Performance Indicator (KPI) karyawan yang mencerminkan hasil pencapaian sasaran kerja karyawan yang sedang dinilai kinerjanya. Dengan metode RICH, sistem dapat melakukan komputasi atas performansi kerja pegawai.
Penilaian performansi kerja karyawan ini mengambil lokasi pengamatan di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom). Posisi/jabatan karyawan yang dijadikan objek penilaian adalah Account Manager (AM). Yang mana AM merupakan ujung tombak Telkom dalam menjual produknya kepada Corporate Customer (CC). Adapun yang dikategorikan sebagai CC oleh Telkom adalah pelanggan yang memberikan kontribusi pendapatan diatas 500 juta rupiah kepada Telkom per tahunnya. Maka dari itu, kedudukan AM menjadi sangat krusial bagi Telkom dalam upaya memenangkan pasar Infokom di Indonesia.
Dalam tugas akhir ini, aspek penilaian performansi kerja AM dikhususkan pada bidang pencapaian kemenangan pasar dan finansial. Adapun proses dalam menilai kinerja AM diperoleh yaitu; (i) penjabaran sasaran kerja unit, (ii) perumusan program kerja dan subprogram kerja, (iii) pemberian target pencapaian AM, (iv) penilaian SKI AM. Nilai akhir diperoleh dari total nilai seluruh program kerja.Kata Kunci : Penilaian Performansi Kerja Account Manager, Management By Objective, Rank Inclusion Criteria HierarchiesABSTRACT: Management by objectives (MBO) is a performance appraisal method which is oriented on work objective achievement. On MBO, every employee has individual work objective, that they make based on the unit work objective. Performance evaluation in MBO method, is done at the end of work period. There is Rank Inclusion in Criteria Hierarchies (RICH), roles the weighting on key performance indicator (KPI) of employee's individual work target. By the RICH method, system could do the computation of employees job performance.
Job performance assesment takes place of research in PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). The employees that have been observed as an object is Account Manager (AM). AM is the pioneer of Telkom in selling their product to the Corporate Customer (CC). CC is a cluster or customer that gives yearly revenue contribution to Telkom more than five hundred millions rupiah. Therefore, the role of AM becomes so important in winning the market of Infocomm in Indonesia.
In this final task, the AM's work objectives is specific to financial and market leader aspect. The stage of system in evaluating the AM's work performance are: (i) Unit objectives reviewed, (ii) conducting work programs, (iii) employee objectives set, (iv) individual work performance evaluated. Final value of AM job performance conducted from the summary of programs values.Keyword: Job performance assesment of Account Manager, MBO, RICH

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

PENILAIAN PERFORMANSI KERJA ACCOUNT MANAGER DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANAGEMENT BY OBJECTIVE DAN RANK INCLUSION IN CRITERIA HIERARCHIES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARKI RIFAZKA
Perorangan
Dhinta Darmantoro, Erwin Budi Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini