Analisis Performansi Metode Berbasis Vektor SVM pada Pengklasifikasian Email

HENDRIK GANDA S.S

Informasi Dasar

113030245
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Ada banyak informasi yang bisa diolah dalam tumpukan email. Pengklasifikasian merupakan salah satu cara untuk mengorganisasikan informasi yang terdapat pada tumpukan email tersebut. Support Vector Machine (SVM) adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk klasifikasi. Pada makalah ini akan dianalisis performansi SVM untuk melakukan pengklasifikasian terhadap email. Beberapa hal harus diperhatikan pada proses klasifikasi agar mendapatkan performansi yang baik yaitu pre-processing, mekanisme pembobotan, penggunaan kernel dan parameter yang tepat pada SVM sesuai dengan karateristik email.
Hasil pengujian memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk menyakinkan bahwa metode SVM bisa diterapkan sebagai classifier email dengan performansi yang baik.
Kata Kunci : klasifikasi, SVM, email, akurasi, kernel, SVMABSTRACT: There are many information which can be processed in many emails. Classification is a way to organize the informations which are be in the emails. Support Vector Machine (SVM) is a method which is used to classify. In this paper, SVM will analyse for it’s performance. Some things must be attention to get the good performance like the pre-processing and weighting mechanism. Using the suitable kernel and the parameter of SVM can be influenced for the performance of SVM.
The analysis as a result of this paper will give much information and make us sure that SVM can be implemented as a classifier for email with good performance.
Keyword: classification, email, accuracy, kernel, SVM.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis Performansi Metode Berbasis Vektor SVM pada Pengklasifikasian Email
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRIK GANDA S.S
Perorangan
Adiwijawa, Kiki Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini