STRATEGI PENINGKATAN ROBUSTNESS LSB WATERMARK TERHADAP STEGANALYSIS METODE STIRMARK

HERRY SUSANTO

Informasi Dasar

113030284
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi digital semakin meningkat, ini mengakibatkan mudahnya user dalam melakukan proses penggandaan dan pertukaran data seperti pada text, citra, audio maupun video. Pada sistem digital, penggandaan data dapat menghasilkan data baru yang hampir menyerupai data asli, untuk itu di perlukan suatu sistem perlindungan hak cipta terhadap data tersebut. Karena itu, pengguna menginginkan citra digitalnya tidak di manipulasi oleh orang lain. Jika pun terjadi manipulasi terhadap citra digitalnya, pengguna mempunyai bukti bahwa citra tersebut tetap miliknya.
Salah satu cara untuk menyisipkan informasi adalah dengan menggunakan teknik Watermarking. Watermarking merupakan suatu bentuk dari Steganography (Ilmu yang mempelajari bagaimana menyembunyikan suatu data pada data yang lain). Watermarking telah banyak diterapkan dalam media digital, misalnya gambar, video, audio, dan objek multimedia lainnya. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan informasi atau memberi tanda hak cipta pada media digital tersebut.
Steganalysis adalah teknik untuk mendeteksi atau memecahkan informasi tersembunyi yang disisipkan dengan teknik steganografi. Steganalysis tidak hanya berguna untuk merusak dan menyerang metode steganografi,tetapi juga dapat digunakan untuk menguji ketangguhan metode steganografi yang digunakan. Teknik Steganalysis yang akan dibahas di sini adalah StirMark.Pada umumnya, skema watermarking berhasil lolos dari manipulasi-manipulasi dasar (manipulasi yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan teknik standar,seperti rotasi,pemotongan, resampling, resizing, dan kompresi).Dan pada umumnya pula, skema watermark tidak dapat bertahan dari gabungan atau kombinasi dari manipulasi-manipulasi dasar tersebut. Hal ini menjadi dasar pembangunan dari metode StirMark.
Dalam tugas akhir ini akan diimplementasikan dan dianalisis sistem watermarking citra digital memanfaatkan least significant bits (LSB) untuk penyembunyian data. Penyisipan ini diimplementasikan dalam domain spatial.Penyisipan dengan LSB akan dilakukan modifikasi agar dapat meningkat ketahanannya terhadap Steganalysis metode StirMark.Pada metode LSB Modifikasi watermark akan dilakukan proses permutasi dengan chaotic permutation sebelum dilakukan proses penyisipan.Citra penampung akan dikomposisikan dalam blok nn dari hasi perbandingan ukuran citra penampung dengan watermark,dimana satu blok pada citra host akan disisipkan satu pixel watermark.Hasil ektraksi citra terwatermark setelah dilakukan proses StirMark pada LSB Modifikasi meningkat ketahanannya yang dapat dilihat dari nilai BER yang berkurang.
Kata Kunci : watermarking, Steganalysis Stirmark, bitmap, least significant bitsABSTRACT: Growth of digital technology progressively mount, this easy resulting of user in process duplication and transfer of data like text, image, video and also audio. In digital system, duplication of data can yield new data which almost look like original data, for that needs a[n system protection of copyrights to data. In consequence, consumer wish digital image manipulation by others. If even also happened manipulation to digital image of theirs, consumer have evidence that image of property remain to its.
One of the way of to insert information is by using technique of Watermarking. Watermarking represent a forming of Steganography ( Science that learning how to hide a data at other data). Watermarking have applied many in digital media, for example picture, video, audio, and object of multimedia other. Its target is to hide information or say the word copyrights at digital media.
Steganalysis is technique to detect or solve information hidden which is inserted with technique of steganografi. Steganalysis not only good for destroying and attacking method of steganografi,tetapi also can be used to test method delaying of steganografi used. Technique of Steganalysis to be studied here is Stirmark.Pada generally, scheme of watermarking success get away from elementary manipulations ( manipulation able to conducted easily use standar technique like rotation, cropping, resampling, resizing, and compression).In general ,scheme of watermark cannot stay from combination or aliance of elementary manipulations. This matter become development base of method of Stirmark.
In this final project will implemented and analyze digital image watermarking exploit least significant bits (LSB) for the concealment of data. This insertion implemented in spatial domain.Insertion with LSB will modified so that can mount its resilience to Steganalysis method of Stirmark.Pada method of LSB Modify watermark will processed in permutation with permutation chaotic before insertion process .Host image will composed in block of n
n depend on comparison of host image size and watermark size,where one block at host image will be inserted one pixel of watermark. Result ofextraction image of watermarked after Stirmark process of LSB Modification mount its resilience able to be seen from value of BER decreasing.
Keyword: watermarking, Steganalysis of Stirmark, bitmap, least significant bits

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

STRATEGI PENINGKATAN ROBUSTNESS LSB WATERMARK TERHADAP STEGANALYSIS METODE STIRMARK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERRY SUSANTO
Perorangan
Adiwijawa, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini