Analisis dan Implementasi Adaptive Jitter Buffer untuk Video Conference pada Jaringan LAN

Nurmaya widuri

Informasi Dasar

113040168
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Video conference merupakan salah satu aplikasi multimedia yang digunakan secara luas dalam berbagai bidang. Aplikasi real time ini banyak diminati karena kemudahan penggunaannya dan kualitas video conference yang baik. Untuk memenuhi kebutuhan para pengguna sistem operasi open source, maka saat ini banyak terdapat aplikasi video confernce juga tersedia dalam bentuk open source. Video conference yang merupakan aplikasi real time ini membutuhkan ketepatan dan keakuratan penerimaan paket-paket data dalam transaksi conference yang dilakukan. Namun, pada penerapannya sering terjadi delay yang berasal dari dari sisi jaringan dan dari sisi aplikasi. Besar kecilnya delay ini mempengaruhi quality of service dari suatu aplikasi.
Dari sisi aplikasi, minimalisasi terhadap efek dari jitter dapat dilakukan dengan melakukan modifikasi terhadap jitter buffer. Algoritma adaptive jitter buffer merupakan algoritma untuk memodifikasi ukuran buffer secara dinamis sesuai dengan kondisi delay jaringan yang berubah-ubah. Pada kasus ini penulis mengimplementasikan adaptive jitter buffer untuk video converence pada jaringan Local Area Network yang berbasis IP versi 6. Dengan penerapan adaptive jitter buffer untuk video converence pada jaringan LAN diharapkan mampu meminimalisasi efek dari jitter, sehingga di peroleh kualitas video conference yang baik.
Kata Kunci : aplikasi real time, LAN IPv6, video converence, jitter, algoritma adaptive jitter buffer.ABSTRACT: Video conference is one of the most popular multimedia applicatioan which is use in a variety of purposes. This real time application is easy to use and has a good quality, that’s why many people like to use this kind of application. For fulfill the needs of open source system user, nowadays provide manay video conferencing tools for open source. Video conference is a real time application that requaired acuracy of acceptance of data packets in end user for every transsmission occur. Unfortunately, in implementation of video confereincing system delay from network and application are often happened
At the application side, minimalization the effect of jitter can be doing by modification the jitter buffer. Adaptive jitter buffer algorithms are designed to modified the buffer size adaptively depends on network delay. In this research, the writer implement the adaptive jitter buffer algorithms for video conference on local area network IPv6. By implement adaptive jitter buffer for video conference on local area netwok, the effect of jitter can be minimized, so the quality of video conferencing is better.
Keyword: real time application, LAN IPv6, video conference, jitter, adaptive jitter buffer algorithms.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Adaptive Jitter Buffer untuk Video Conference pada Jaringan LAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nurmaya widuri
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Tri Brotoharsono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini