Analisis dan Implementasi Iterator Pattern <br>Iterator Pattern Analysis and Implementation

Rifki Nurputra

Informasi Dasar

113050132
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Iterator pattern merupakan salah satu design pattern yang tergolong ke dalam behavioral pattern. Iterator pattern ini digunakan dalam mengakses sekumpulan objek tanpa menyingkap struktur di dalamnya. Pattern ini mengambil alih mekanisme iterasi ke dalam kelas iterator. Pada tugas akhir ini, dibuat sebuah perangkat lunak yang mengimplementasikan iterator pattern. Untuk mengukur kualitas iterator pattern, dilakukan pengujian serta perhitungan dengan object-oriented metrics dan traditional metrics, aitu WMC, CBO, LCOM, DIT, EXEC, dan MHF. Lalu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada iterator pattern, akan dibandingkan hasil perhitungan metrics perangkat lunak yang menerapkan iterator pattern dengan perangkat lunak yang tidak menerapkan iterator pattern untuk kasus yang sama, untuk tugas akhir ini akan digunakan studi kasus Newsreader.

Berdasarkan hasil analisis dan pengujian, jika dilihat dari perhitungan metrics, maka perangkat lunak dengan iterator pattern memiliki kompleksitas yang lebih tinggi sehingga dibutuhkan usaha lebih besar ketika dilakukan maintenance dibandingkan perangkat lunak tanpa iterator pattern. Namun ketika terjadi penambahan kelas yang menciptakan objek container, untuk menerapkan mekanisme iterasi pada perangkat lunak yang menerapkan iterator pattern lebih mudah dilakukan dan dengan menerapkan iterator pattern akan menyelesaikan masalah enkapsulasi dan efisiensi penulisan kode pada perangkat lunak yang mengimplementasikan mekanisme iterasi di dalamnya.
Kata Kunci : design pattern, iterator pattern, dan metrics.ABSTRACT: Iterator pattern is one of a form of design pattern which falls into the behavioral pattern category. Iterator pattern is used in accessing a group of object without exposing its internal structure. This pattern takes over the iteration mechanism into the iterator class. In this final project, a software that implements iterator pattern was made. To measure the quality of iterator pattern, tests and calculations are conducted with object-oriented metrics and traditional metrics, which are WMC, CBO, LCOM, DIT, EXEC, and MHF. To determine the advantages and disadvantages of the iterator pattern, two metrics calculations from two different software are compared which is between the software that implements and does not implements iterator pattern in a same case. For this final project the case study used is known as Newsreader.

Based on the analysis and testing, from the metrics calculation, it is shown that software with iterator pattern has a higher complexity resulting in more effort needed to do a maintenance compared to software without iterator pattern. On the other hand, if a there is a class addition that creates an object container, it will be easier to implement iteration mechanism in software with iterator pattern and as well as implementing iterator pattern, will solve encapsulation problem and coding efficiency on software that implementing iteration mechanism in it.
Keyword: design pattern, iterator pattern, and metrics

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Iterator Pattern
Iterator Pattern Analysis and Implementation
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rifki Nurputra
Perorangan
Shaufiah, Toto Suharto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini