Implementasi Basis Data Deduktif pada RDBMS dan Analisis Pengujian Teknik Pencarian Top-Down dan Bottom-Up

Hendy Fitrianto

Informasi Dasar

113060191
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Basis data deduktif merupakan sistem basis data yang memiliki kemampuan untuk mendefinisikan rules turunan (deduktif) yang dapat memberikan kesimpulan berupa suatu informasi tambahan mengenai fakta-fakta yang tersimpan di dalamnya. Basis data deduktif diharapkan mampu mengatasi kelemahan pemrograman logik dalam hal penyimpanan data dan proses komputasi dalam jumlah besar. Penelusuran di dalam basis data deduktif melibatkan interpretasi aturan-aturan sehingga mengurangi performansi yang ada sehingga diperlukan teknik pencarian yang tepat untuk melakukan penelusuran. Di dalam basis data deduktif dikenal dua metode pencarian atau inferensi yaitu Bottom-Up dan Top-Down. Teknik Bottom-Up melakukan penelusuran.
dimulai dari fakta-fakta yang ada hingga mencapai goal yang ditentukan. Sedangkan teknik Top-Down melakukan penelusuran dimulai dari goal yang kemudian direduksi ke dalam sejumlah subgoals atau masalah yang lebih sederhana.
Hal yang dilakukan di dalam tugas akhir ini adalah bagaimana melakukan implementasi basis data deduktif di dalam RDBMS dan mengetahui bagaimana performansi kedua teknik pencarian Top-Down dan Bottom-Up jika diterapkan di dalam basis data deduktif . Perhitungan performansi ini didasarkan pada besarnya response time (waktu pemrosesan) dan komputasi yang diukur ketika proses pencarian data dilakukan dengan menggunakan tiap metode tersebut.
Hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan secara umum teknik pencarian dengan menggunakan teknik Top-Down memiliki tingkat performansi yang lebih baik jika dibandingkan dengan teknik Bottom-Up. Dengan teknik Top- Down penelusuran informasi memerlukan waktu yang relatif lebih singkat dan iterasi yang lebih minimal.
Kata Kunci : bottom-up, top-down, rules, basis data deduktif.ABSTRACT: Deductive database is a database system that has the ability to define rules derived (deductive) that can provide the conclusion in the form of an additional information about facts that are stored in it. Deductive database is expected to overcome the weaknesses of logic programming in terms of data storage and computing processes in large numbers. Searching in deductive database involves interpretation of the rules so that reduces the existing performance. That’s why, appropriate searching techniques are required.
In the deductive database was known two search methods or inferention that is Bottom-Up and Top-Down. Bottom-Up technique does scanning started from the facts to achieve specified goals. Top-Down technique does scanning started from goals which is reduced into a number of subgoals or more simple problem.
This is done in this final exam are how to make the implementation of deductive database in the RDBMS and analysis how performance of these two techniques, Top-Down and Bottom-Up, when applied in deductive database. Performance calculation is based on then amount of response time (processing time) and computing that is measured when searching data using each method.
Generally, the results of the study indicate search techniques by using Top- Down has a better performance level compared to Bottom-Up technique. With Top-Down techniques, information search requires a relatively shorter time and more minimal iterations.
Keyword: bottom-up, top-down, rules, deductive database.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi Basis Data Deduktif pada RDBMS dan Analisis Pengujian Teknik Pencarian Top-Down dan Bottom-Up
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hendy Fitrianto
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Warih Maharani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini