Implementasi Image Mosaicing Dengan Metode Cylindrical Panoramas Pada Pembentukan Citra Panorama

Ira Herawati Sumarlin

Informasi Dasar

113070340
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Secara permanen objek visual yang dilihat mata manusia dapat disimpan oleh alat bantu yaitu kamera. Produk hasil teknologi banyak memperlihatkan hasil dan manfaatnya di berbagai bidang, salah satunya pada bidang fotografi. Kamera analog pada akhirnya tergantikan oleh adanya kamera digital. Kemajuan di bidang ini menunjang kemajuan ilmu pengetahuan di bidang lain. Dengan kamera digital kita dapat mengambil gambar sesuai dengan yang kita inginkan. Namun kemajuan teknologi beberapa kamera digital saat ini masih memiliki permasalahan yang cukup terlihat dan belum dapat terselesaikan, terkadang output yang berupa citra ini belum sesuai dengan yang diharapkan, contohnya batasan dalam pengambilan citra dengan sudut pandang yang lebar, baik ke arah vertikal maupun horizontal.

Pada tugas akhir ini digunakan proses Image Mosaic yang dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan diatas. Proses Image Mosaic merupakan cara yang dapat dilakukan dalam menggabungkan beberapa citra overlap untuk mewakili sudut pandang yang lebar. Dengan mengimplementasikan metode cylindrical panoramas pada proses ini, citra inputan ditransformasikan bentuk terlebih dahulu dari citra asal yang dihasilkan oleh kamera digital yaitu dengan mengubah koordinat dunia menjadi 2D cylindrical screen coordinates 2D. Selanjutnya akan dilakukan penelitian dan pengujian untuk mengetahui kondisi pengambilan citra inputan seperti apa yang dapat membentuk citra panorama silindrikal sampai dengan 360o, serta parameter apa saja yang dapat mempengaruhi lama pemrosesan dalam pembentukan citra panorama dengan metode ini.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, parameter yang mempengaruhi lama pemrosesan yaitu nilai focal length lensa kamera yang digunakan pada saat pengambilan citra. Metode ini juga dapat membentuk citra panorama sampai dengan 360o karena melakukan perbaikan perspektif citra dengan melakukan transformasi bentuk terlebih dahulu dari citra inputan. Hasil terbaik yang didapat untuk menggabungkan beberapa citra sampai dengan 360o adalah menggunakan citra inputan yang diambil menggunakan kamera di atas tripod yang dirotasikan dari jarak yang cukup jauh. Focal length yang menghasilkan citra panorama dengan baik untuk arah pandang horizontal berada pada 18mm dan 28mm, sedangkan untuk arah pandang vertikal berada pada 35mm dan 55mm.Kata Kunci : citra panorama, image mosaic, cylindrical panoramas.ABSTRACT: Visual objects that are viewed by human eye can be saved permanently using camera. Technology products shows many results and benefits in various fields, one of them is on photography. Improvement in this field supports science improvement on other fields as well. Using a digital camera we can take pictures according to our wishes. But technology improvements on some digital cameras nowadays still has problems seen, and are still unsolved, sometimes the image output are not as expected.

This final project uses Image Mosaic process that can be a solution for the above problem. Image Mosaic process is a solution that can be done on combining several overlap images to represent a large point of view. By implementing the cylindrical panoramas method on this process, the input images form is first transformed from its original image, created by the digital camera, by changing the world coordinates into 2D cylindrical screen coordinate. Next, research and testing will be done to know the best images which can creating panorama images on a 360o viewpoint, and what parameters that can effect the processing time in the panorama image formation.

Based on the result of the testing done, parameter that affects the processing time which is the camera lens’s focal length that is used to take the pictures. This method can also create panorama images up to 360o because it does image perspective improvements by transforming the input image. The best result to combining several images up to 360o when using several images was taken by using a rotating camera on a tripod from afar. Focal length which can be produced the best panoramic image from horizontal angle are 18mm and 28mm, whereas for the vertical angle are 35mm and 55mm.Keyword: panoramic images, image mosaic, cylindrical panoramas.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Image Mosaicing Dengan Metode Cylindrical Panoramas Pada Pembentukan Citra Panorama
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ira Herawati Sumarlin
Perorangan
Giva Andriana Mutiara, Ema Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini