Implementasi Algoritma QUEST pada Data Mining untuk Penentuan Seleksi Undangan Saringan Masuk Perguruan Tinggi (Studi Kasus Kampus Institut Teknologi Telkom)

Alexander

Informasi Dasar

113070343
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penyeleksian calon mahasiswa mempengaruhi kualitas suatu perguruan tinggi. Oleh sebab itu penyeleksian mahasiswa sangat penting bagi perguruan tinggi. Ada berbagai cara digunakan untuk menyeleksi mahasiswa yang akan masuk ke suatu perguruan tinggi. Bisa dengan jalur tes tulis, ada juga dengan Jalur Penelusuran Potensi Akademik Nasional (JPPAN). Tulisan ini akan memfokuskan mengenai penerimaan mahasiswa dengan JPPAN. Penyeleksian mahasiswa secara manual akan memakan waktu yang lama dan cendrung bias. Oleh sebab itu perlu metode yang bisa untuk menyeleksi secara otomatis dan tidak bias dengan cara belajar dari data yang sudah ada sebelumnya. Salah satu metode yang bisa dipakai untuk penyeleksian mahasiswa adalah QUEST (Quick Unbiased Efficient Statistical Trees). QUEST merupakan metode pohon klasifikasi yang bisa menggunakan pemangkasan (pruning) pada saat membangun pohon. QUEST mampu menyeleksi calon mahasiswa dengan waktu yang cepat dengan akurasi yang bagus.
Kata Kunci : data mining, clasification, QUEST, decision tree, knowledge discoveryABSTRACT: Student admission can influence quality of university. So student admission is very important for a university. There are so many ways to select student for admission. It can be done by writing test or Investigation of Nasiotional Academic Potential (JPPAN). This paper will focus on admission by JPPAN. Student admission that do manually can be longer and prone to bias. That is why, we need system do student admission manually and unbiased that can learn from big data that we already have. One of methods that can be used for student admission is QUEST (Quick Unbiased Efficient Statistical Trees). QUEST is classification tree yang can do pruning as building the tree. QUEST can select student quickly and accurately.
Keyword: data mining, clasification, QUEST, decision tree, knowledge discovery

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi Algoritma QUEST pada Data Mining untuk Penentuan Seleksi Undangan Saringan Masuk Perguruan Tinggi (Studi Kasus Kampus Institut Teknologi Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alexander
Perorangan
Shaufiah, Hetti Hidayati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini