Implementasi Algoritma Directed Acyclic Word Graph dalam Perancangan Game Scrabble

Arie Lasaprima

Informasi Dasar

113088060
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Menerapkan AI pada komputer yang dapat melakukan proses perhitungan lebih cepat dibanding manusia dapat membuat sebuah permainan menjadi lebih menantang dan tidak membosankan. Salah satu platform yang bagus untuk menguji tekhnik AI pada game yaitu game scrabble[11].

Scrabble adalah permainan kata dimana dua sampai empat pemain membentuk kata dari tujuh huruf yang ada pada mereka pada sebuah papan yang mempunyai luas 15x15 kotak. Permainan ini telah dijual di 121 negara sepanjang dunia dan lebih dari 100 juta set permainan telah terjual[12][13], di Amerika tiap tiga rumah mempunyai satu set dari permainan ini[12]. Penerapan AI pada scrabble agak sedikit berbeda dengan beberapa permainan lain, tekhnik AI yang sukses diterapkan pada beberapa permainan yang bersifat deterministik seperti catur, checkers, reversi, awari, hex, go, renju, amazons, pente, dan lainnya tidak cocok diterapkan pada scrabble[11].

AI scrabble yang selalu memilih kata dengan nilai tertinggi dari kemungkinan kata yang dapat disusun di setiap giliran akan dengan sangat mudah dikalahkan oleh pemain manusia yang ahli dalam scrabble [11]. Game ini dirancang agar manusia dapat melawan AI yang yang tidak gampang dikalahkan sehingga permainan menjadi lebih menarik dan menantang. Oleh karena itu dirancang strategi permainan sehingga manusia tidak dapat dengan mudah mengalah kan AI system. AI system akan mengevaluasi pemilihan kata yang akan dimainkan ditiap giliran dimana tiap pilihan kata akan mempengaruhi baik papan permainan maupun kemungkinan pilihan kata digiliran berikut. Pada laporan ini untuk membentuk kamus data dalam menyimpan semua kata yang valid digunakan algoritma DAWG, algoritma DAWG dapat memperkecil ruang penyimpanan dan membantu proses meretrive kata yang akan dimainkan selain itu dianalisis tiga strategi permainan yang dibentuk dengan membandingkan ketiga strategi tersebut dalam 60 kali percobaan untuk melihat performansi masingmasing strategi.

Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, strategi permainan scrabble yang setiap langkahnya hanya berdasarkan score kata yang dibentuk mempunyai persentase kemenangan hanya 40% melawan strategi permainan scrabble yang mempunyai evaluasi pemilihan kata.Kata Kunci : Game Scrabble, Algoritma directed acyclic word graph

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Algoritma Directed Acyclic Word Graph dalam Perancangan Game Scrabble
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arie Lasaprima
Perorangan
Agung Toto Wibowo, ZK. Abdurahman Baizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini