PERANCANGAN DAN ANALISIS SISTEM KENDALI SUHU PADA INKUBATOR BAYI MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

GANANG DWI LAKSONO

Informasi Dasar

115100037
658.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tidak semua bayi yang terahir di dunia dilahirkan dalam kondisi normal atau dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Beberapa bayi akan terlahir dengan prematur, yaitu kondisi tubuh yang masih rentan dan belum dapat menyesuaikan suhu tubuhnya dengan optimal. Dunia kedokteran mengenal inkubator bayi untuk mengatasi masalah tersebut, suhu dan kelembaban ruangan diatur pada jangkauan 32 – 36 0 C dan 45 – 55%, namun metode tersebut masih menggunakan kontrol on – off. Metode ini memiliki kekurangan dalam hal respon waktu transien yang cukup lama dari posisi hidup ke posisi mati atau sebaliknya. Dan proses ini tentunya membutuhkan daya yang cukup besar untuk menghidupkan dan mematikan pemanas secara terus-menerus. Hal tersebut mendorong penelitian tugas akhir kali ini untuk menemukan metode yang tepat untuk pengendalian suhu dan kelembaban.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkanlah teknik pengendalian suhu dan kelembaban menggunakan metode fuzzy logic. Teknik ini akan diterapkan pada sebuah prototype inkubator bayi. Pada prototype ini, dirancang sebuah inkubator bayi yang di dalammnya terdapat dua bagian ruang (ruang atas dan ruang bawah). Ruang bagian atas adalah ruang utama inkubator bayi dan digunakan untuk meletakkan sensor dan display sensor. Sedangkan pada ruang bagian bawah digunakan untuk meletakkan rangkaian elektronika dan heater sebagai penghasil medium udara penghantar panas. Sensor pada ruang inkubator yang digunakan adalah sensor suhu dan kelembaban SHT1x. Perubahan suhu inkubator dan bayi dapat dilihat dalam bentuk tampilan nilai suhu dan kelembaban pada perangkat display LCD.
Hasil dari implementasi fuzzy logic yang terdapat pada tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi solusi pengontrolan suhu secara cerdas untuk mendapatkan hasil yang efektif dan efisien. Untuk lebih lanjut, pengembangan tugas akhir ini akan sangat bermanfaat di dunia kedokteran, khususnya di bidang persalinan dan kehamilan.KATA KUNCI: Inkubator bayi, Bayi prematur, Fuzzy logic, SHT1x, TRIAC, ZCDABSTRACT: Not all babies in the world born with normal condition or can easily adapt with their new environtment. A few babies will born in premature condition which have a fulnerable body and hard to adapt their body’s temperature to get optimal. In medicine, baby’s incubator is known can solve this problem, temperature and humidity in incubator room is controlled in range 32 – 37 0 C and 45 – 55 % . but, control temperature and humidity in baby’s incubator is not effective, because it use on-off controller which applied in its heater. On-off controller has a lack of time’s response transient that make a delay between ON conditiion to OFF condition. In other case, it makes a higher power to turn ON and turn OFF continuously. It encouranges to make a research for finding the right method for controlling temperature and humidity.
For solve this problem, this final project focuses on controlling temperature technique with fuzzy logic method. Fuzzy logic will be applied on the prototype baby’s incubator. This prototype consist of two important part, the control room and the baby room. The baby room where the sensor and display sensor are placed and controll room where electronics components, heater, fan which produce air flow are placed. In this final project, controlling temperature and humidity on baby’s incubator using SHT1x sensor. And the otherwise, LCD will display the temperature and humidity changes.
The results of fuzzy logic implementation on the baby’s incubator is expected to be the solution of temperature controll to get an effective and efficients results. For further development of this final project, it will be very useful in medicine, especially in the field of the childbirth and pregnancy.KEYWORD: Baby's incubator, premature baby, fuzzy logic, SHT1x, TRIAC, ZCD

Subjek

PLANT MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS SISTEM KENDALI SUHU PADA INKUBATOR BAYI MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GANANG DWI LAKSONO
Perorangan
Achmad Rizal , Erwin Susanto PhD.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini