Simulasi Konduksi Panas Dua Dimensi Pada Aluminium Menggunakan Metode Elemen Hingga

Heni Endah Utami

Informasi Dasar

118101072
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Distribusi temperatur secara konduksi merupakan salah satu proses yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode numerik yang dapat digunakan dalam penyelesaian kasus distribusi temperatur adalah metode elemen hingga. Metode ini mampu menyelesaikan permasalahan dengan benda yang memiliki geometri kompleks, sehingga membuat metode ini lebih unggul dari metode lainnya.
Dalam tugas akhir ini, metode elemen hingga diterapkan untuk kasus konduksi panas satu dimensi dan dua dimensi dengan kondisi steady-state pada aluminium menggunakan bahasa pemrograman C++. Aluminium merupakan logam yang sering digunakan sebagai material pendingin pada benda-benda yang menghasilkan panas tinggi karena dapat menyerap dan melepas panas dengan cukup baik. Selain itu aluminium merupakan salah satu logam yang tahan korosi, sehingga material ini sering digunakan dalam penggunaan sehari-hari.
Hasil dari penelitian ini adalah berupa simulasi konduksi panas dua dimensi dengan generate mesh menggunakan Matlab serta memasukan parameter-parameter dan syarat batas yang telah ditentukan, sehingga dapat diketahui distribusi temperatur di masing-masing titik yang telah dibagi kedalam beberapa elemen seluruh permukaan aluminium.
KATA KUNCI: konduksi panas, aluminium, metode elemen hingga, weak form, metode Galerkin.ABSTRACT: Conduction temperature distribution is one process that often occurs in everyday life. One of the numerical methods that can be used in the resolution of cases the temperature distribution is the finite element method. This method is able to solve problems with objects that have complex geometries, thus making this method is superior to other methods.
In this final project, the finite element method is applied to the case of one- dimensional heat conduction and two-dimensional steady-state conditions in aluminum using the C++. Aluminum is a metal that is often used as a coolant in the material objects that produce high heat because it can absorb and release heat pretty well. In addition, aluminum is a metal that resists corrosion, so this material is often used in everyday.
The results of this study is a two-dimensional simulation of heat conduction with a mesh generated using Matlab and enter the parameters and conditions specified limits, so that can know the temperature distribution in each point that has been divided into several elements across the surface of the aluminum.
KEYWORD: heat conduction, aluminum, finite element method, weak form, Galerkin method.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Simulasi Konduksi Panas Dua Dimensi Pada Aluminium Menggunakan Metode Elemen Hingga
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Heni Endah Utami
Perorangan
Sri Suryani , Dede Tarwidi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini