PERANCANGAN DAN REALISASI SISTEM PENGONTROL LAMPU DAN PENDETEKSI ORANG DALAM RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C52

Ageak Raporte Bermano

Informasi Dasar

611050031
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menghemat energi listrik adalah dengan cara memakai energi listrik seperlunya saja. Proyek Akhir yang berjudul “Perancangan dan Realisasi Sistem Pengontrol Lampu dan Pendeteksi Orang Dalam Ruangan Berbasis Mikrokontroler AT89C52” ini mencoba untuk membantu masyarakat dalam penghematan energi listrik tersebut.
Sistem pengontrol lampu ruangan ini bekerja berdasarkan hasil dari pendeteksian orang yang masuk dan orang yang keluar dari ruangan. Lampu akan otomatis menyala saat ada orang pertama memasuki ruangan, dan lampu akan secara otomatis padam jika orang yang terakhir berada dalam ruangan keluar dari ruangan. Pendeteksian orang tersebut dilakukan oleh dua buah Pyroelectric Infrared (PIR) Sensor yang dipasang berdampingan. PIR Sensor yang pertama berfungsi untuk mendeteksi orang yang masuk ruangan, dan yang kedua berfungsi untuk mendeteksi orang yang keluar dari ruangan. Dari hasil pendeteksian tersebut, mikrokontroler akan mengendalikan: 7-segment untuk meginformasikan banyaknya orang di dalam ruangan dan relay untuk menyalakan dan mematikan lampu. Pengendalian lampu juga dapat dilakukan dengan cara menekan push button dan dengan menggunakan Remote.Kata Kunci : AT89C52, Sensor PIR, Mikrokontroler, LampuABSTRACT: Someway that public can do to save electrical energy is by used electrical energy if it necessary. This Final Project that have title “Design and Realization of Light Controller System and Human Detector inside the Room Based on Microcontroller AT89C52” trying to help public to save that electrical energy.
This light controller system worked based on result of human detection that go inside and go outside the room. The light will automatically glow at moment the first people go inside the room, and the lamp will automatically dimmed if the final people that was inside the room go to outside. That human detection is doing by two Pyroelectric Infrared (PIR) Sensor that installed side by side. First PIR is used to detect the people who go inside, and the second PIR to detect the people who go outside. From that result of the detection, microcontroller will control: 7-segment to inform how many people in the room and relay to glow and dim the light. The other way to control the light is by pushing the push button and by use remote.Keyword: AT89C52, PIR Sensor, Microcontroller, Light

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI SISTEM PENGONTROL LAMPU DAN PENDETEKSI ORANG DALAM RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C52
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ageak Raporte Bermano
Perorangan
Joko Haryatno, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini