Implementasi Distance-Learning Menggunakan Protokol H.323 pada Jaringan Wireless ADSL STT Telkom

EKA DERMALASARI

Informasi Dasar

611050034
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini, pemanfaatan jaringan komunikasi data terus mengalami perkembangan yang pesat. Tidak hanya dari sisi perangkat, tetapi juga dari sisi aplikasi dan sistem transmisi yang digunakan. IT Telkom sebagai salah satu kampus berbasis teknologi telekomunikasi berusaha memanfaatkan perangkat dan jaringan yang tersedia untuk meningkatkan kualitas pendidikannya dan memberikan kemudahan mahasiswa dalam mengakses informasi dan materi kuliah yang diajarkan.
Salah satu cara untuk memberikan kemudahan mahasiswa dalam mengakses informasi dan materi kuliah yang diajarkan tersebut adalah melalui Distance-Learning. Distance-Learning merupakan aplikasi yang memungkinkan user, dalam hal ini pelajar atau mahasiswa, untuk mendapatkan materi-materi pelajaran secara jarak jauh. Tidak hanya itu, aplikasi Distance-Learning juga memungkinkan adanya kegiatan belajar mengajar jarak jauh melalui video conference yang ditanamkan dalam aplikasi.
Dalam Penelitian ini akan diimplementasikan sebuah Distance-Learning menggunakan protokol H.323 pada jaringan wireless ADSL. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar on-line, rapat online, dan kegiatan lain yang membutuhkan tatap muka secara on-line.
Pada Proyek Akhir ini akan dilakukan pengkajian dan analisa terhadap performansi jaringan (delay, jitter, MOS, throughput, dan packet loss) sebagai bahan pertimbangan kelayakan implementasi.
Kata Kunci : Distance-Learning, protokol H.323, dan wireless ADSLABSTRACT: Nowadays, the advantage of data communication network keeps on growing rapidly. Not only be seen from the device side, but also from the application and transmission system used. IT Telkom as one of telecommunication technology based campuses attempts to take benefits from available devices and network to improve its education quality and to make easier for the students in accessing information as well as given lecture materials.
One way to make easier for the students in accessing that information is Distance-Learning. Distance-Learning is the application that allows user, in this case the students, to get the lesson materials by long distance. The application of Distance-Learning also allows user to make the activity of learning by teaching by long distance using video conference that is growth on the application.
In this experiment there will be an implementation of Distance-Learning using H.323 protocol on wireless ADSL network. The existence of this application is expected to be able to support online lecture, online meeting, and other online activities.
In this final project, this application needs network performance analysis and examination (delay, jitter, throughput, and packet loss) as a consideration for implementation feasibility.Keyword: Distance-Learning, H.323 protocol, and wireless ADSL

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Implementasi Distance-Learning Menggunakan Protokol H.323 pada Jaringan Wireless ADSL STT Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKA DERMALASARI
Perorangan
Asep Mulyana, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini