RANCANG BANGUN SISTEM ALAT PENCUCI DAN PENGERING TANGAN OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER AT89S52

PURUSATOMO PILAROGO

Informasi Dasar

611050088
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Alat Pencuci dan Pengering Tangan Otomatis ini merupakan bentuk aplikasi dari sistem kontrol yang menggunakan mikrokontroler sebagai pengendali utama. Alat ini akan melakukan proses pencucian dan pengeringan tangan secara otomatis.
Proses pencucian tangan berdasarkan pendeteksian gerakan tangan oleh Sensor PIR ( Passive Infra Red ) yang sudah berbentuk modul yang merupakan input dari mikrokontroler. Jarak maksimal dari obyek yang dapat dideteksi oleh sensor PIR adalah 5 m. Debit air yang keluar diatur oleh pengaturan waktu ( setting timer ) yang terdapat pada mikrokontroler. Mikrokontroler yang digunakan pada alat ini adalah AT89S52.
Di dalam mikrokontroller AT89S52 terdapat 32 jalur I/O yang berguna sebagai keluaran dari program yang telah dimasukkan ke dalamnya. Pada alat ini menggunakan motor DC sebagai penggerak pompa sabun, motor AC sebagai penggerak pompa air, dan filamen pemanas sebagai penghasil udara panas untuk pengering tangan.
Dalam kehidupan sehari – hari, faktor kebersihan sangat diutamakan, baik kebersihan badan ataupun kebersihan lingkungan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari hal – hal yang tidak kita inginkan. Untuk mendukung hal tersebut, dalam Proyek Akhir ini akan dibuat Alat Pencuci dan Pengering Tangan Otomatis yang berguna untuk menjaga kebersihan anggota badan khususnya pada tangan. Alat ini akan membuat kegiatan mencuci tangan lebih praktis dan lebih efektif karena sistem kerja pada alat ini dibuat otomatis.


Kata Kunci : Sensor PIR ( Passive Infra Red ), mikrokontroler AT89S52, motorABSTRACT: Appliance of Detergent and Automatic Hand Dryer represent the application form from control systems using microcontroller as especial controller. This appliance will do the process of wash and hand draining automatically.
The hand wash process pursuant to gesticulating detection by PIR ( Passive Infra Red ) Censor is in form of module representing input from microcontroller. Maximal distance from obyek which can be detected by PIR censor is 5 m. Charge the secretory water arranged by time arrangement which found on microcontroller. Microcontroller used at this appliance is AT89S52.
In microcontroller AT89S52 of 32 band I / O which is good for as output from program which have been entered into its. At this appliance use the motor DC as activator pump the soap, motor AC as water pump activator, and heater filament as producer of hot weather for the dryer of hand.
In one day life, hygiene factor very majored, goodness of body hygiene and or environmental hygiene. The mentioned aim to avoid the matters which we don’t wish. To support the mentioned, in this Final Project will be made Appliance of Detergent and Automatic Hand Dryer which is good for keep cleaning of legs and hands specially at hand. This appliance will make the activity clean the hand more practical and more effective because the work system at this appliance is made automaticallyKeyword: PIR ( Passive Infra Red ) Censor, microcontroller AT89S52,

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM ALAT PENCUCI DAN PENGERING TANGAN OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER AT89S52
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PURUSATOMO PILAROGO
Perorangan
Joko Haryatno, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini