Sistem Monitoring Kecepatan dan Putaran Mesin Menggunakan Mikrokontroler

Arliea Bayu Swastika

Informasi Dasar

611060059
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Konsumsi bahan bakar dan usia suatu kendaraan bermotor sangat dipengaruhi oleh perilaku pengemudi terhadap kendaraan tersebut. Dalam mengemudikan kendaraan pengemudi harus dapat menyesuaikan antara putaran mesin, gigi persneling yang dipakai, kecepatan kendaraan dan lintasan yang dilalui. Permasalahan yang sering terjadi adalah pengemudi tidak memperhatikan ketiga hal tersebut. Hal ini akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros dan komponen pada mesin kendaraan cepat aus.
Untuk dapat mengetahui tingkat putaran mesin dapat menggunakan tachometer. Sedangkan untuk mengetahui kecepatan kendaraan dapat menggunakan speedometer. Kedua alat tersebut terdapat pada dashboard suatu kendaraan dan hanya bisa diamati oleh pengemudi. Pada suatu perusahaan transportasi, misalnya adalah perusahaan otobus diperlukan suatu alat untuk mengetahui bagaimana cara pengemudi suatu bus dalam membawa kendaraan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan maintenance. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perangkat yang dapat memantau kondisi kendaraan, khususnya bus secara real time.
Pada Proyek Akhir ini akan dibuat sebuah prototype sebuah system yang mampu memantau putaran mesin dan kecepatan kendaraan.
Kata Kunci : kecepatan, putaran mesin, mikrokontrolerABSTRACT: Fuel consumption and age of an automatic are very affected by driver’s behaqviour towaed the vehicle. In driving vehicle, driver must calibrate between engine rotation, persnelling which is used velocity of vehicle, and the paths. A problem that usually happen is driver’s carelessness to those three things. Thus will lead to lavish fuel consumption and components of vehicle engine will be timeworn faster.
To find out about engine rotation level, we can use tachometer. While to check velocity, we can use speedometer. Both of them are placed in dashboard of vehicle, and can only be read by driver. In a transportation company, such as autobus company , a tool to check how a driver use the vehicle is required. It can simplify the maintenance process. Thus, a tool that can check engine condition, especially bus, by real time process, is required.
In this final project, we make a prototype of a system which can check engine rotation and vehicle velocity.Keyword: velocity, engine rotation, microkontroller

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Sistem Monitoring Kecepatan dan Putaran Mesin Menggunakan Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arliea Bayu Swastika
Perorangan
Achmad Rizal, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini