REKAYASA PROTOTIPE PEMANTAU SUHU RUANGAN SERVER BERBASIS PC

Bellian

Informasi Dasar

611070115
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Memantau adalah pekerjaan yang dilaksanakan secara rutin dan terus menerus, dan memantau panas suhu sangat penting bagi perangkat yang rentan terhadap perubahan suhu. Ketika server bekerja akan menghasilkan panas, dengan kondisi ruangan yang tertutup maka percepatan suhu meningkat akan sangat tinggi. Oleh karena itu semua ruangan tempat server berada, dilengkapi dengan pendingin. Akan tetapi, ruangan tersebut tidak dapat terjamin kestabilan suhunya. Dikarenakan pendingin pada ruangan tersebut adalah barang elektronik yang mempunyai umur yang terbatas.

Dengan metode slave-master dirancang alat pemantau suhu berbasis mikrokontroler pada setiap ruangan sebagai sub-kontrol, lalu mengirimkan data kepada kontrol utama yang terhubung dengan komputer. Data yang telah diperoleh oleh komputer ditampilkan melalui perangkat lunak yang dirancang. Sub-kontrol dengan kontrol utama berkomunikasi melalui serial RS485 sedangkan, kontrol utama dengan komputer menggunakan serial RS232. Untuk perangkat lunak menggunakan program antarmuka seperti Delphi dan Visual Basic dan database menggunakan MySql.

Dari hasil pengujian data suhu sesuai dengan karakteristik sensor LM35, dan dengan media komunikasi RS485 data dapat dikirm dengan jarak yang jauh. Kontrol utama mampu mengambil data Data yang telah tersimpan dalam database ditampilkan pada media intranet. Ketika suhu yang mencapai atau melebihi batas 30°C kipas akan bekerja dan membantu mengurangi suhu.Kata Kunci : antarmuka, database, intranet, komputer, master, mikrokontroler, RS232, RS485, sensor, slave, suhu.ABSTRACT: Monitoring is the work that carried out regularly and continuously, and monitoring the temperature is very important for device that vulnerable from changes of temperature. Server will generate heat when working, the acceleration of the temperature rise will be very high with closed room condition. Therefore, all the room where the server is located is equipped with cooler. However, that room temperature stability can’t be guaranteed. Because of the cooler in the room are electronic device that have a limited lifespan.

Device based on microcontroller designed with master-slave method designed in every room as a sub-control, and then sends the data to the main control that is connected to a computer. The data have been obtained by the computer will be displayed through software that is designed. Sub-kontrol dengan kontrol utama berkomunikasi melalui serial RS485 sedangkan, kontrol utama dengan komputer menggunakan serial RS232. Untuk perangkat lunak menggunakan program antarmuka seperti Delphi dan Visual Basic dan database menggunakan MySql. Data yang telah tersimpan dalam database dapat diunggah ke media intranet. Sub-control and main control comunicated sing a serial RS485, while main control and computer using RS232. The software designed using interface programs such as Delphi and Visual Basic and database using MySQL.

The data from the experiment result is match with LM35 sensor characteristic, and data can be sent for long distance with RS485 communication media. Main control can take and the data that already stored in the database displayed to an intranet media. When the temperature reach 30°C or over it fan will working to help reduce the temperature.Keyword: interfaces, databases, intranets, computer, master, microcontroller, RS232, RS485, sensor, slave, temperature.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

REKAYASA PROTOTIPE PEMANTAU SUHU RUANGAN SERVER BERBASIS PC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bellian
Perorangan
Iswahyudi Hidayat, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini