SISTEM LED OTOMATIS SEBAGAI LAMPU HEMAT ENERGI BERBASIS PANEL SURYA

Rahmanta Adi P.

Informasi Dasar

611080051
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini, hal-hal yang berhubungan dengan penghematan penggunaan energi semakin diperhatikan. Pemanfaatan energi secara efisien sangat ditekankan dalam penggunaan peralatan elektronika. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suatu teknologi yang ramah lingkungan. Tidak terkecuali untuk penerangan di dalam rumah. Sering kali kita melihat banyaknya lampu ruangan yang menyala saat tidak digunakan. Hal ini dapat menjadi pemborosan listrik yang sangat besar. Untuk itu, diperlukan suatu pemecahan masalah untuk hal ini, sehingga diperlukan lampu otomatis yang hemat energi.

Sistem Penerangan ini, bertujuan untuk mengatur kondisi lampu secara otomatis berdasarkan kondisi keadaan sekitar. Sistem ini akan mendeteksi tingkat terang atau redup nya suatu ruangan. Jika ruangan sudah cukup terang, maka kondisi lampu akan mati. Namun saat kondisi ruangan gelap, maka secara otomatis, lampu akan menyala. Sumber energi utama dari lampu ini bukanlah berasal dari listrik PLN, melainkan berasal dari panel surya ( solar panel ). Penggunaan panel surya ini bertujuan untuk penghematan energi listrik dari PLN dan memanfaatkan sumber energi yang gratis dan tersedia dalam jangka waktu yang sangat lama.

Sistem penerangan berbasiskan panel surya ini sudah dapat berjalan dengan baik. Sistem ini sudah dapat memanfaatkan energi dari matahari melalui panel surya untuk mengisi baterai, dan hasil keluaran sistem yaitu lampu berhasil dikendalikan secara otomatis oleh blok sensor sesuai kondisi lingkungan. Saat kondisi cuaca cerah, panel surya dapat untuk melakukan pengisian baterai dari kosong hingga penuh selama 12 jam. Sensor juga telah dapat menghidupkan lampu pada pukul 18.02 dan mematikan lampu pada pukul 05.50. Sistem ini sudah dapat memanfaatkan sumber energi dari matahari sehingga sudah membantu menghemat energi dari sumber energi terbatas dari PLN.
Kata Kunci : Lampu Otomatis Panel Surya.ABSTRACT: Nowdays, everything about energy saver become attention. Eficiency energy utilization is very important in use of electronics instrument. This thing has the purpose to make a technology that friendly to the environtment. Not with the exception of house lighting. We often see that many light shine although not be use. This thing can be big energy wasting. So, we need the solution for this problem, and the answer is energy saver automatic light.

This lighting system has the purpose to controlling light condition automatically base on around condition. This system will detect level of light from a room. If the room has enough lighting level, the light will be in off condition. But, if the room has not enough level of lighting (in dark), the light will turn on. Main source of the energy for this light is not from PLN, but came from solar panel. We use solar panel to save energy from PLN and utilising energy source that free and can be use for long term.

This light system that base on solar panel can work genially. This system can utilize solar energy by using solar panel and the output of system (light) can be controlled automatically by sensor blok that depends of environment condition. The solar panel can charging the battery from empty to full capacity about 12 hours. The sensor can turn on the light at 18.02 and turn off the light at 05.50. This system can utilize solar energy, so can help us to save limit energy source from PLN.Keyword: Automatic Light, Solar Panel

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

SISTEM LED OTOMATIS SEBAGAI LAMPU HEMAT ENERGI BERBASIS PANEL SURYA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rahmanta Adi P.
Perorangan
M Sarwoko, M.Sc., Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini