Perancangan dan Implementasi Sistem Otomasi Rumah Dengan Menggunakan RF Tranceiver Berbasis Mikrokontroler

Chandra Sulistianto

Informasi Dasar

611080066
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Banyak sekali kegiatan rumah yang harus dikerjakan agar selalu tampak bersih dan rapi terutama pada perumahan. Tentunya kita tidak dapat melakukan semuanya seorang diri karena dapat dibayangkan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk rumah yang sangat besar. Sistem otomasi rumah ini sudah mulai diaplikasikan sekarang ini dan sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari tentunya. Terutama pada saat ingin membuka dan menutup pintu garasi serta mengatur hidup atau matinya lampu taman. Penghuni rumah hanya tinggal menekan tombol pada remote dan semuanya akan terwujud. Banyak sekali komponen yang terdapat pada alat ini, tapi yang sangat berperan adalah RF transceiver.

Pada alat ini terdapat 2 rangkaian yaitu rangkaian transmitter dan receiver. Rangkaian Transmitter yang dibuat berawal dari masukan pushbutton yang bersifat aktif low karena dihubungkan dengan ground. Masukan tersebut akan diolah pada ATMega-8535 dengan menggunakan bahasa BASCOM lalu akan mengeluarkan outputan pada port TX dan RX sesuai dengan pushbutton yang ditekan. Keluaran dari port TX dan RX ATMega-8535 dapat langsung dihubungkan dengan RF Tranceiver karena sudah berupa TTL. Kemudian RF Tranceiver akan memancarkan ke RF Transceiver penerima. Pada rangkaian receiver ini, data yang masuk ke RF Transceiver pada perangkat receiver diolah oleh mikrokontroler ATMega-8535. Kemudian keluarannya menghasilkan hasil 0 atau 1 pada portA tertentu dan akan memberikan perintah kepada beban.

Pada Proyek Akhir ini penulis membuat “Perencanaan dan Implementasi Sistem Otomasi Rumah Dengan Menggunakan RF Transceiver Berbasis Mikrokontroler”. Semoga alat ini dapat berjalan dengan baik dan dapat mendukung berjalannya otomasi pada perumahan serta membuat Negara Indonesia ini semakin maju.Kata Kunci : RF Tranceiver, Mikrokontroler AVR ATMega8535, BASCOM (Basic Compiler)ABSTRACT: There are so many home activities that must be done to keep it looking clean and tidy, especially on luxury housing. Obviously we can not do everything alone as it can be imagined how much time is spent for a very large house. Home automation system is starting to be applied now and are very helpful in the housework of course. Especially at the time wanted to open and close the garage door and set a garden lamp turn on or off. Residents just press a button on the remote and everything will be realized. Lots of components contained in the tool, but the very act is the RF transceiver.

In this tool there are two series of transmitter and receiver circuits. Transmitter circuit made originated from a pushbutton input is active low as connected with the ground. Input will be processed on ATMega-8535 using the language and will issue outputan BASCOM on TX and RX ports in accordance with the pushbutton is pressed. The output of the TX and RX ports ATMega-8535 can be directly connected with the RF tranceiver because it has a TTL. Then the RF tranceiver RF Transceiver will transmit to the receiver. At the receiver circuit, the data entered on the device receiver RF Transceiver will be processed by the microcontroller ATMega-8535. Then the output will yield 0 or 1 on a certain port and would give orders to the load.

Final Project In this writer make "Planning and Implementation of Home Automation System Using Microcontroller-Based RF Transceiver". It is hoped that these tools can work well and can support the passage of home automation at the elite and make the State of Indonesia is more advanced. Keywords: RF tranceiver, AVR Microcontroller ATMEGA8535, BASCOM (Basic Compiler)Keyword: RF tranceiver, AVR Microcontroller ATMEGA8535, BASCOM (Basic Compiler)

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Sistem Otomasi Rumah Dengan Menggunakan RF Tranceiver Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Chandra Sulistianto
Perorangan
M. Ary Murti, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini