PROTOTIPE SISTEM PENCATATAN KEHADIRAN MAHASISWA BERBASIS SMART CARD UNTUK INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM

Ricky M

Informasi Dasar

611080084
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), IT Telkom terus melakukan upaya dan terobosan baru untuk menangani berbagai masalah pendidikan dengan menggunakan serta memanfaatkan sarana TIK. Salah satu contohnya adalah sistem pencatatan kehadiran yang masih menggunakan kertas dan masih membubuhkan tanda tangan untuk menyatakan kehadiran mahasiswa. Untuk itu, diharapkan ada sebuah terobosan baru untuk melakukan perubahan agar suasana TIK yang mencerminkan institusi berbasis IT semakin terlihat. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki sistem yang sudah ada, dan mahasiswa bisa dilibatkan untuk mencoba memberi sumbangsih pemikiran sebagai bentuk nyata kualitas mahasiswa yang dihasilkan.

Prototipe untuk sistem kehadiran mahasiswa berbasis smart card digunakan sebagai uji coba sistem terhadap pada penggunaan layanan sistem absensi dengan menggunakan smart card. Pembuatan sistem ini dimulai dengan penggunaan reader yang akan membaca data yang tersimpan pada kartu, lalu diteruskan ke aplikasi sebagai pengelola data sehingga bisa membuktikan kehadiran mahasiswa pemiliknya.

Akan tetapi sistem prototipe ini masih sangat sederhana, dimana akan disimulasikan untuk 1 kelas dan belum bisa beberapa kelas sekaligus di waktu yang bersamaan. Untuk itu sistem ini agar terus dikembangkan sampai bisa digunakan di beberapa kelas yang berbeda di waktu yang bersamaan. Untuk melihat akumulasi kehadiran belum bisa dibuat, karena kemampuan dan waktu yang terbatas, sehingga hanya bisa dilihat dari membuka database secara manual.Kata Kunci : smartcard, RFIDABSTRACT: As an educational institution that emphasizes the field of Information and Communication Technology (ICT), IT Telkom continues to make efforts and a new breakthrough to tackle the problem by using the academic community as well as the use of ICT facilities. Starting from system problems of attendance, academic library card and the card. During this time to use the service of existing systems are still manual, such as attendance system that still uses a system of signs tanggan both lecturers and students.

Methods to be used in this smartcard system using RFID (Radio Frequency Identification). RFID is an identification method by using a tool called RFID tags or transponders to store and retrieve data remotely. Labels or RFID cards is an object that can be installed or incorporated in a product with the aim of identification using radio waves. RFID tags consist of silicon microchip and an antenna. The label that stores data or passive does not require the resources, while labels are active require resources in order to function.

With the use of a smartcard is still manual is not necessary, simply by using the smartcard system is the presence of this can be done automatically. For attendance system, only need to use a scanner to identify students who present the data themselves.Keyword: smartcard, RFID

Subjek

Otomation
 

Katalog

PROTOTIPE SISTEM PENCATATAN KEHADIRAN MAHASISWA BERBASIS SMART CARD UNTUK INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ricky M
Perorangan
Agus Ganda Permana, Indra Chandra
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini