perancangan dan implementasi sistem ujian khusus di fakultas teknik elektro dan komunikasi

fera shagira

Informasi Dasar

611081007
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring berkembangnya teknologi komunikasi yang semakin maju, fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran berbasis IT di IT Telkom semakin diperhatikan. Sebagai salah satu contoh yakni website untuk memberikan informasi mengenai data akademik mahasiswa. Melalui web tersebut mahasiswa dapat mengetahui apakah nilai yang diperoleh sudah mencapai batas minimal kelulusannya. Apabila pada kesempatan untuk memperbaiki nilai telah diberikan tetapi masih belum mencapai batas minimal kelulusan, maka mahasiswa tersebut harus mengikuti ujian khusus. Adapun ujian khusus yang telah dilaksanakan masih bersifat manual dan tidak efesien dalam pelaksanaannya.

Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan sistem pada ujian khusus di IT Telkom terutama di Fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi, dengan solusi menggunakan visualisasi web yang dinamis dengan pengoperasian yang mudah dan dapat menyediakan informasi yang jelas.

Pembuatan Sistem ujian khusus sendiri melalui beberapa tahap diantaranya tahap perancangan yang meliputi pembuatan desain web, pengumpulan data dan informasi, serta tahap berikutnya adalah tahap realisasi dari perancangan sistem ujian khusus tersebut. Tahap yang terakhir adalah tahap finishing yang meliputi tahap pengujian sistem dan evaluasi sistem. Pada proses pembuatan sistem ujian khusus tersebut perangkat lunak yang digunakan adalah PHP ( terdiri dari apache server dan MySQL ) sebagai bahasa pemrograman, Macromedia Dreamweaver 8 digunakan sebagai editor skrip, dan Adobe Photoshop sebagai editor grafis.

Hasil yang diperoleh pada proyek akhir kali ini adalah berupa sebuah sistem ujian khusus yang dapat memberikan ujian khusus secara real rime dengan batasan waktu tertentu, soal dan jawaban yang diberikan secara acak, kemudahan dalam memasukkan soal dan jawaban bagi dosen karena terdapat konversi dari file word menjadi file notepad, dan sistem ini memiliki keamanan yang cukup handal sebab terdapat pembatasan hak akses bagi user yang ingin mengakses web ini.Kata Kunci : Kata kunci : Ujian Khusus, WebABSTRACT: The Development of information technology has made the IT based Lecturing/Learning system on IT Telkom . For example, a website that provide the students an information of their academic data. Through that website, students would know whether their score has already passed the minimum standard of graduate. When the opportunity to improve the score have been given but has yet to reach the threshold of graduation, then students must to follow special exam. Where the special exam always been done manually and less eficient.

So that, the improvement of the special exam on IT Telkom, especially the Faculty of Electro and Telecomunication Engineering by using a dynamic visualization web not only easy to operate but also can provide clear and valid information.

Making the system of special exam have some steps, such as Planning and Designing, Collecting informations, and implementing the plan and design of the system. The last step is test and evaluate the system. The system build using some softwares, like PHP (consist of APACHE and MySQL) for the programming language, and Macromedia Dreamweaver 8 for the script editor, and also Adobe Photoshop for graphic editor.

The results of this project is a special exam systems that can provide a special exam in real time with certain time limits, questions and answers that given by random, the ease of entering questions and answers for lecturer because there is a conversion from word file into notepad file, and this system has a fairly reliable security because there are restrictions on the access rights for users who want to access the site.Keyword: Keyword: Special Exam, Web

Subjek

Otomation
 

Katalog

perancangan dan implementasi sistem ujian khusus di fakultas teknik elektro dan komunikasi
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

fera shagira
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini