PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENETAS TELUR BERBASIS MIKROKONTROLER

M. Reza Fauzi

Informasi Dasar

611081019
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi membuat masyarakat terus mencari berbagai aplikasi yang dapat membantu pekerjaan mereka sesuai dengan bidang yang mereka tekuni. Salah satunya adalah dalam bidang pangan. Ayam, ataupun jenis unggas yang lain merupakan salah satu sumber makanan yang paling sering dijadikan santapan bagi masyarakat kebanyakan. Oleh karena itu dibuatlah suatu alat yang dapat digunakan untuk membantu proses penetasan telur-telur tersebut.

Pembuatan alat ini dimulai dengan proses perancangan blok mikrokontroler. Mikrokontroler yang digunakan adalah ATMega32. ATMega32 merupakan seri mikrokontroler CMOS 8-bit buatan Atmel, berbasis arsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computer). Selain perancangan blok mikrokontroler alat ini menggunakan sensor suhu untuk pembacaan suhu di dalam alat. Dan sensor suhu yang dipilih adalah LM35. LM35 bertugas mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik dalam bentuk tegangan. Perancangan selanjutnya adalah perancangan blok heater, blower, motor DC dan motor AC sebagai perangkat-perangkat yang ada dalam alat alat penetas telur.

Akhirnya hasil pembacaan suhu yang dilakukan oleh sensor suhu LM35 ditampilkan pada LCD melalui pengolahan pada mikrokontroler ATMega32. Setelah itu dilakukan eksekusi sesuai dengan program yang diberikan pada mikrokontroler tersebut. Jika suhu dalam alat masih kurang dari yang diharapkan maka heater akan tetap menyala sedangkan jika suhu lebih dari yang diharapkan heater akan mati dan blower akan menyala sehingga suhu yang dibutuhkan untuk upaya penetasan telur dapat terjaga dengan baik.Kata Kunci : ATMega32, LM35, LCDABSTRACT: Technological developments make society continues to look for various applications that can help their work in accordance with their field. One of them is in the field of food. Chicken, or other types of poultry is one of the most frequent source of food used as food for most people. Therefore made a tool that can be used to assist the process of hatching eggs.

The tool design process begins with making of block microcontroller. Microcontroller used is ATMega32. ATMega32 is a series of 8- bit CMOS microcontroller made by Atmel, based on RISC architecture (Reduced Instruction Set Computer). Beside design block of microcontroller, this tool also uses a temperature sensor for temperature readings inside the appliance. And the selected temperature sensor is LM35. LM35 on duty in changing the temperature of the electrical quantities in the form of voltage. Designing the next is designing a block heater, blower, DC motors and AC motors as the devices that exist in an egg incubator equipment.

Finally the results of temperature readings made by the LM35 temperature sensor is displayed on the LCD via the microcontroller processing ATMega32. After that, the execution was carried out in accordance with a given program on the microcontroller. If the temperature in the tool is still less than expected then the heater always lit and if the temperature is more than expected heater will turn off and blower will turn on so that the temperature required for hatching eggs effort can be well preserved.Keyword: Microcontroller ATMega32, LM35, LCD

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENETAS TELUR BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. Reza Fauzi
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Jangkung Raharjo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini