APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK MURID KELAS TK B SEMESTER 1 BERBASIS FLASH

BALYA HAFIZHAN MULKI

Informasi Dasar

611090133
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini di jaman teknologi sudah sudah masuk ke berbagai bidang. Salah satunya komputer yang sudah sangat diminati anak usia dini untuk Permainan. Oleh karena itu, terciptalah pemikiran bermain sambil belajar. Permainan ini dapat mengembangkan potensi anak usia dini. Pengembangan bahasa adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak sejak usia dini. Pemakaian bahasa semenjak kecil adalah cerminan sifat dasar anak tersebut. Untuk itu, dalam proyek akhir ini dibuatlah aplikasi flash untuk pembelajaran bahasa Sunda. Aplikasi pembelajaran ini dirancang agar lebih interaktif, dinamis, dan menarik. Aplikasi pembelajaran bahasa sunda ini membantu melestarikan bahasa Sunda yang mulai hilang.

Pada umumnya pembelajaran bahasa Sunda terpaku pada buku yang kurang interaktif. Maka dari itu, dibuatlah aplikasi pembelajaran bahasa sunda untuk anak TK B semester 1 berbasis flash. Bahasa pemograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Actionscript. Software Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar maupun animasi gambar vektor. Selain itu dengan adanya Actionscript dapat membuat permainan dan mendukung untuk berbagai animasi yang menarik dan interaktif.

Aplikasi ini dapat membuat anak-anak dapat lebih tertarik untuk mempelajari bahasa Sunda. Aplikasi ini dibuat oleh satu kelompok dan dibagi persemester. Aplikasi ini dibuat semenarik dan semudah mungkin untuk di gunakan dan juga menggunakan bahasa sunda dasar.Kata Kunci : Adobe Flash, Actionscript, Bahasa Sunda.ABSTRACT: Currently in the era, the technology has already entered into different fields. The computer is already very interested in early childhood for the game. Therefore, creating thought to play while learning. This game can develop the potential of early childhood. Development of language skills is one of the must-have children from an early age. Small since the use of language is a reflection of the nature of the child. Therefore, in this final project flash application was made for learning language. The application designed to be more interactive, dynamic, and interesting. The application would be help preserve the Sundanese which began to disappear.

Sundanese language learning in general glued to the book that is less interactive. Thus, they invented the Flash-based Sunda Language Learning Application for B First Semester Kinrergarten Student for final project. Programming language used in making this application is Actionscript. Adobe Flash software used to create animated images and vector images. In addition with Actionscript can make a game for a variety of interesting and interactive animations.

This application can make children more interested to learn the language. This application is made by group and divided persemester. This application is made as attractive and as easy as possible for the use and also use the basic Sundanese.Keyword: Adobe Flash, Actionscript, Sundanese.

Subjek

Otomation
 

Katalog

APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK MURID KELAS TK B SEMESTER 1 BERBASIS FLASH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BALYA HAFIZHAN MULKI
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini