Perancangan dan Implementasi Pengontrol Akuarium Dengan Menggunakan SMS

Fadhlan Ramadhan

Informasi Dasar

611100049
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Memelihara ikan hias merupakan hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Setelah lelah menjalani aktivitas yang padat seharian, melihat ikan hias yang ada mampu mengobati rasa jenuh kita. Selain itu warna-warni ikan hias mampu memberikan rasa ketentraman dan kedamaian di jiwa. Namun banyak dari pemilik ikan hias tidak mempunyai banyak waktu luang untuk merawat ikannya. Akibatnya, ikan hias yang ada tidak terawat dengan baik karena pemberian makan yang tidak teratur dan kondisi air di akuarium tidak jernih. Karena sedikitnya waktu luang yang dimiliki, dibutuhkan suatu alat yang mampu mengatasi masalah ini.

Alat yang berfungsi untuk mengontrol akuarium supaya dapat memberi makan dan menguras air secara jarak jauh dengan menggunakan Arduino UNO sebagai pusat sistem kendali. Alat ini mampu dikontrol jarak jauh dengan menggunakan SMS, sehingga pemilik ikan dapat memberi makan dan mengganti air kapan pun dan dimanapun. Alat ini bekerja setelah pemilik mengirim SMS 1 maka motor servo bergerak, sehingga katup makan akan terbuka dan makan akan keluar. Selain itu jika pemilik mengirim SMS 2, maka air dari akuarium akan diganti dengan air kran. Air keluar dari akuarium melalui electric solenoid valve sebagai kran yang digerakkan oleh saklar listrik berupa relay. Kemudian air masuk ke akuarium dari kran yang dilalui oleh electric solenoid valve yang aktif ketika dialiri arus oleh relay. Alat ini akan mengirim SMS ke pemilik ikan melalui Modem GSM ketika stok makan yang ada tinggal sedikit berdasarkan cahaya yang diterima oleh sensor LDR.

Dengan adanya alat ini pemilik ikan tidak perlu ada di lokasi akuarium ketika ingin memberi makan dan mengganti air. Karena mampu melakukan perawatan dimanapun dan kapanpun.

Kata Kunci : Akuarium, Modem GSM, Arduino UNO, Sensor LDR, Electric Solenoid Valve, Motor Servo, RelayABSTRACT: Maintaining ornamental fish is a fun hobby for some people . Having exhausted all day undergoing solid activity , see ornamental fish can cure our boredom . Besides colorful ornamental fish are able to provide a sense of tranquility and peace in soul . However, many of the ornamental fish owners do not have much free time to care for the fish . As a result , the existing ornamental fish are not well maintained due to irregular feeding and water conditions in the aquarium is not clear . Because at least spare time you have, we need a tool that is able to overcome this problem .

Tool that serves to control the aquarium in order to feed and drain water remotely using Arduino UNO as the central control system . This tool is able to be controlled remotely using SMS , so that the owner can feed the fish and change the water whenever and wherever . This tool works after the owner sent an SMS to 1 then servo motor moves , so that the valve will open and eat meal will come out . In addition, if the owner sends SMS 2 , then the water from the aquarium would be replaced with tap water . Water out of the aquarium through an electric solenoid valve as the valve is actuated by an electric switch a relay . Then go to the aquarium water from the faucet through which the electric solenoid valve is activated when energized by the relay . This tool will send an SMS to the owner of the fish through GSM modem when stock feed that is live a little by the light received by the sensor LDR .

With this tool no need for the owner of the fish in the aquarium location when wanting to feed and change the water . Being able to perform the treatment wherever and whenever .

Keyword: Aquarium, GSM Modem, Arduino UNO, LDR Sensor, Electric Solenoid Valve, Servo Motor, Relays

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Pengontrol Akuarium Dengan Menggunakan SMS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fadhlan Ramadhan
Perorangan
Mas Sarwoko Suraatmadja, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini