PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM PADA ACARA TALKSHOW DI TELEVISI (Studi Kasus tentang Persepsi Anggota Pers Ikom yang Menjadi Pemirsa Acara Talkshow “Mata Najwa” Episode “Gengsi Berebut Kursi” di Metro TV)

IMANDA QINTHARA RAHMAN

Informasi Dasar

15.04.071
791.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu jenis program televisi yang umum terlihat di industri per-televisian Indonesia saat ini adalah program talkshow. Program talkshow adalah suatu sajian perbincangan yang biasanya mengangkat tema atau isu hangat dalam kalangan masyarakat. (Hanum, 2005:233). Mata Najwa merupakan salah satu program yang juga menyajikan tayangan berjenis talkshow. Program ini sempat menjadi isu terhangat di masyarakat maupun mahasiswa karena salah satu episodenya yang berjudul “Gengsi Berebut Kursi” dengan narasumber Angel Lelga. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk melihat persepsi mahasiswa yang telah ditentukan terhadap salah satu episode Mata Najwa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus dengan menempatkan mahasiswa Pers Ikom sebagai subjek yang diteliti. Mahasiswa Pers Ikom dipilih sebagai informan karena memiliki kesamaan latar belakang pendidikan, yaitu Ilmu Komunikasi, dan kesamaan passion di dunia jurnalistik karena telah bergabung dengan salah satu organisasi di fakultas tersebut. Informan berjumlah enam orang yang terdiri dari mahasiswa yang memiliki jabatan penting di Pers Ikom. Pembahasan penelitian ini mengkaji aspek persepsi melalui unit analisis yang terbagi atas sensasi, atensi dan interpretasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil menunjukkan sebagian besar informan memberikan persepsi yang cenderung negatif pada kualitas Angel Lelga sebagai narasumber, sedangkan persepsi positif diberikan informan pada penampilan Najwa Shihab di episode tersebut.

Kata Kunci : Talkshow, persepsi, kualitatif, program televisi

Subjek

MEDIA AUDIENCES
 

Katalog

PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM PADA ACARA TALKSHOW DI TELEVISI (Studi Kasus tentang Persepsi Anggota Pers Ikom yang Menjadi Pemirsa Acara Talkshow “Mata Najwa” Episode “Gengsi Berebut Kursi” di Metro TV)
 
91p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMANDA QINTHARA RAHMAN
Perorangan
Harliantara
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini