Abstrak
Perkembangan teknologi yang terus berkembang mempengaruhi proses pengambilan keputusan membeli suatu produk contohnya social media digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi sebuah produk, atau brand kepada para konsumen, konsumen dengan konsumen lainnya, dengan berbagi pengalaman baik atau buruk di sosial media dalam menggunakan sebuah produk tertentu Electronic Word of Mouth, yang diharapkan akan meningkatkan rasa percaya para calon konsumen terhadap sebuah produk, nantinya akan menjadi bahan pertimbangan calon konsumen yang berpotensi meningkatkan penjualan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur Social Media Usage dan Electronic word of Mouth terhadap Purchase Decision Involvment melalui Trust, dengan menggunakan empat variabel, yaitu Social Media Usage, Electronic Word of Mouth, Trust, dan Purchase Decision Involvment.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian konklusif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen E-Commerce diIndonesia, dengan jumlah sampel 333 responden. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online melalui Google form. Dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode (SEM) dengan menggunakan software LISREL 8.8.Berdasarkan hasil penelitian, variabel Social Media berpengarh terhadap Purchase Decision Involvment. Electronic word Of Mouth berpengaruh terhadap Purchace Decision Involvment. Variabel Social Media Usage dan Electrnic Word Of Mouth berpengaruh terhadap Trust. Trust berpengaruh terhadap Purchase Decision Involvment. Social Media Usage berpengaruh terhadap Purchase Decision Involvment yang dimediasi oleh Trust. Electrnic Word Of Mouth berpengaruh terhadap Purchase Decision Involvement yang dimediasi oleh Trust. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi untuk E-Commerce agar dapat meningkatkan Penjualan dan meningkatkan kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian.
Kata Kunci: Social Media Usage, Electronic Word of Mouth, Trust, Purchase Decision Involvement.