PENGARUH eWOM DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAHF PADA GENERASI Z - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NABILLA JOVITA SHEFINKA KORNIAWAN

Informasi Dasar

297 kali
25.04.2853
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri kecantikan, termasuk diantaranya perawatan tubuh dan kulit, telah berkembang pesat di seluruh dunia. Perawatan kulit menjadi semakin penting bagi sebagian masyarakat untuk sekedar memenuhi gaya hidup, kenyamanan, dan keinginan untuk tampak menarik. Produk perawatan kulit atau biasa disebut dengan skincare tidak lagi terbatas untuk perempuan. Saat ini pria juga menjadi target pasar yang penting pada industri ini. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya industri kecantikan itu sendiri melalui platform digital dan sebagai respon terhadap meningkatnya kepedulian masyarakat mengenai pentingnya penampilan dan perawatan diri. Dari pernyataan tersebut, tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahi sejauh mana electronic word of mouth dan pemasaran melalui sosial media memberi pengaruh terhadap terbentuknya keputusan pembelian produk perawatan kulit pria Kahf, khususnya kelompok usia generasi Z.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari kuesioner yang dibagikan secara online. Penelitian ini memfokuskan target pada pria berusia 16 hingga 28 tahun pada tahun 2025, dan aktif sebagai pengguna platform media sosial, serta pernah membeli produk Kahf setidaknya satu kali dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil analisis deskriptif penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden pada tiga variabel masuk ke dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, secara parsial eWOM memberikan pengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai 2,022, begitu juga social media marketing yang memberikan pengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai 2,744. Hasil secara simultan pada eWOM dan social media marketing menunjukkan bahwa kedua variabel memberi pengaruh secara postif dan signifikan dalam memengaruhi keputusan pembelian produk Kahf pada pria generasi Z dengan nilai f hitung sebesar 12,001.
Kontribusi dari penelitian ini tidak hanya memperkuat teori mengenai perilaku konsumen digital, namun juga memberikan wawasan praktis bagi merek lokal seperti Kahf untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital. Penelitian ini juga memperkaya literatur pemasaran dengan fokus pada konsumen pria generasi Z, dimana pria merupakan segmen yang masih jarang diteliti namun memiliki potensi pasar yang besar.
 
Kata kunci : eWOM, gen Z, Kahf, keputusan pembelian, social media marketing

Subjek

DIGITAL MARKETING
 

Katalog

PENGARUH eWOM DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAHF PADA GENERASI Z - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILLA JOVITA SHEFINKA KORNIAWAN
Perorangan
Titus Kristanto, Krisnayanti Aditasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Bisnis Digital - Kampus Surabaya
Surabaya
2025

Koleksi

Kompetensi

  • DDK3GAB3 - DESIGN AND USER EXPERIENCE
  • DDK2CAB3 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • DDK4KBB3 - Manajemen Strategi
  • DDK2HAB3 - PEMASARAN DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini