Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pesan brand Otoproject
dikonstruksi melalui kolaborasi konten dengan tiga influencer dari latar
belakang berbeda, yaitu Fitra Eri, Aci Resti, dan Vincent Hulu. Menggunakan
pendekatan analisis isi kualitatif, penelitian ini mengkaji bentuk komunikasi
verbal dan visual yang digunakan dalam konten Instagram untuk memahami
bagaimana pesan brand disampaikan secara strategis. Hasil analisis
menunjukkan bahwa aspek verbal dalam konten masing-masing influencer
mengintegrasikan fungsi informatif, persuasif, dan emosional yang disesuaikan
dengan karakter naratif masing-masing—mulai dari gaya teknis santai, humor
personal, hingga inspiratif komunikatif. Sementara itu, aspek visual seperti
gestur tubuh, ekspresi wajah, latar tempat, dan properti visual digunakan untuk
memperkuat penyampaian pesan yang kohesif dan relevan bagi audiens digital.
Dalam kerangka teori medium oleh Marshall McLuhan, video pendek sebagai
medium digital tidak hanya menyampaikan isi pesan, tetapi juga membentuk
cara audiens memaknai brand. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi
komunikasi influencer marketing bersifat adaptif dan dialogis, yang dipengaruhi
oleh karakter media, identitas influencer, serta dinamika sosial-budaya audiens.
Kata Kunci: Digital Public Relation, Konten, Influencer, Instagram, Medium